Wali Kota Minta Kadin Berdayakan Pengusaha Lokal – Kendari Pos
Metro Kendari

Wali Kota Minta Kadin Berdayakan Pengusaha Lokal

KENDARIPOS.CO.ID — Perekonomian Kota Kendari terus tumbuh. Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir optimis investasi bisa mencapai angka Rp 25 triliun di tahun 2020. Sebab jumlah pengusaha semakin meningkat setiap tahun. Karena itu, Sul-sapaan akrab Sulkarnain Kadir meminta pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) memberdayakan pengusaha lokal.

Hal itu, kata dia, sebagai salah satu upaya memberi kesempatan bagi pengusaha untuk bersaing dengan para pengusaha yang berasal dari luar daerah. “Pemkot Kendari membuka ruang sebesar-besarnya bagi para pengusaha untuk melakukan investasi di Kendari. Namun, kita juga mengimbau untuk melibatkan pengusaha lokal, karena saya yakin masyarakat Kendari memiliki potensi yang luar biasa besar jika diberi kesempatan,” tutur Sulkarnain membuka Musyawarah Kota II Kadin Kendari di Hotel Claro, Kamis (30/1).

Keberadaan Kadin,menurut politisi PKS itu, menjadi jembatan bagi pengusaha lokal untuk bisa naik kelas dan mampu bersaing dengan pengusaha dari daerah lain. Katanya, Pemkot ingin mendorong pengusaha untuk bisa bermain di daerah sendiri, sehingga nantinya bisa memberikan kontribusi bagi kemajuan Kendari.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir memukul gong saat mebuka Musyawarah II KADIN Kota Kendari di Hotel Claro, Kamis (30/1).

Mantan legislator Kendari itu, menyebutkan, potensi dimiliki Kendari sangat besar, baik itu dari sektor jasa, pariwisata hingga pertanian. Namun potensi yang besar ini harus diimbangi dengan adanya Sumberdaya Manusia (SDM) yang memiliki kemampuan untuk memanfaatkannya. “Angka investasi di Kendari pada tahun 2019 mencapai d kisaran Rp 12 hingga Rp17 Triliun. Nilai ini merupakan angka yang besar bila dibandingkan dengan APBD yang hanya mencapai Rp 1,5 Triliun,” tutur suami Sri Lestari itu.

Ia menyakini bahwa pertumbuhan investasi Kendari untuk tahun 2020 akan meningkat diangka Rp 20 hingga Rp 25 triliun. Peluang ada, geliat ekonomi di Kendari memiliki tren yang meningkat, sehingga nilai investasi pun bisa meningkat. Sementara itu, Ketua Kadin Sultra La Mandi SE, menuturkan Kendari merupakan slah satu daerah di Sultra yang terus maju dan berkembang dengan iklim usaha yang terus tumbuh. Hal ini tentu merupakan kerja keras dari Pemkot dalam memberi peluang bagi masyarakat. “Di tahun 2017 jumlah pengusaha di Kendari sebanyak 11.837 orang, yang kemudian meningkat menjadi 13.867 pada tahun 2018 begitupun pada tahun 2019 yang juga mengalami peningkatan,” katanya.

Untuk itu, pihaknya juga mengigatakan kepada seluruh stakeholder, baik itu pemerintah kota, hingga masyarakat untuk terus memberikan kesempatan kepada para pelaku usaha untuk turut membantu meningkatakan pembangunan daerah dibidang ekonomi. “Untuk tahun 2020 ini, Kota Kendari kita prediksi akan mengalami pertumbuhan ekonomi di atas 7 persen,” tandasnya. (idh/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy