Tidak Ada Jaminan Petahana Menang – Kendari Pos
Nasional

Tidak Ada Jaminan Petahana Menang

Pengamat komunikasi politik Sultra, Dr. Muh. Najib Husain

KENDARIPOS.CO.ID — Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 sudah dimulai sejak 23 September 2019 lalu. Sembari menunggu rekomendasi partai, para bakal calon (balon) kepala daerah (kada) kini bergerilya mencari pasangan masing-masing.

Petahana di tujuh kabupaten di Sulawesi Tenggara (Sultra) pun sangat berhati-hati memilih balon wakil bupatinya. Keputusan mereka hari ini akan menentukan roda pemerintahan lima tahun mendatang jika masih dipercaya rakyat untuk memimpin.

Pengamat komunikasi politik Sultra, Dr. Muh. Najib Husain, mengatakan, fenomena petahana “cerai” memang sering terjadi di Pilkada. “Kemungkinan disebabkan karena ketidakpuasan kosong dua (Wakil Bupati) terhadap kosong satu (Bupati) selama menjalankan roda pemerintahan. Tupoksi wakil bupati tidak jelas sedangkan bupati lebih banyak mengambil peran,” kata Najib kepada Kendari Pos, Senin (1/6).

Hal tersebut, kata dia, akan membuat petahana lebih berhati-hati dan harus pandai dalam mencari pasangan, calon wakil bupati. Karena menyangkut jalannya pemerintahan mereka lima tahun ke depan. Terhadap elektabilitas, lanjut Najib, pecah kongsi tidak akan berpengaruh banyak. “Baik yang masih berpasangan maupun tidak, sama-sama memiliki peluang kalah. Ada dua komponen nilai jual petahana ketika maju kembali. Yaitu track record selama memimpin dan bagaimana mesin politik bekerja. Disebabkan kinerja mereka tidak maksimal, maka tidak akan berpengaruh entah mereka cerai atau tidak,” analisanya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy