Tersangka Korupsi TPI Wamoe Berpotensi Bertambah – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Tersangka Korupsi TPI Wamoe Berpotensi Bertambah

KENDARIPOS.CO.ID — Penanganan kasus dugaan korupsi retribusi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Wameo, Kota Baubau telah menemukan titik terang. Jaksa Kejari Baubau menetapkan Muslimin Buhim, mantan penanggungjawab TPI Wameo tahun 2017 sebagai tersangka korupsi.
Kepada Kendari Pos, Muslimin Buhim mengaku menyerahkan kasus yang menyeretnya ditangani secara tuntas. Ia mengatakan siap lahir dan batin menghadapi perkara ini.

Muslimin menyindir pihak lain yang juga terlibat dalam kasus ini. “Kita sudah berusaha, tapi yang lain tidak kooperatif. Jadi saya serahkan semuanya supaya selesai dan tuntas. Karena kalau disimpan maka sewaktu-waktu akan jadi bom. Jadi saya ikhlas kan saja, apalagi masih banyak momen politik kedepan,” singkat Muslimin saat dihubungi, Rabu (22/1).

Ilustrasi

Sementara itu Kasi Pidsus Kejari Baubau, La Ode Rubiani mengatakan dari alat bukti yang dibeberkan di forum, jaksa sepakat menetapkan Muslimin sebagai tersangka. Dari hasil pemeriksaan, kata dia, selama ini Muslimin Buhim bertanggung jawab atas tidak tersetornya dana retribusi cold storage ke bendahara penerima Dinas Perikanan Kota Baubau. Hasil audit BPKP Sultra, katanya, kasus ini merugikan keuangan negara Rp 300 juta.

Katanya, Muslimin Buhim mengaku uang retribusi digunakan untuk perbaikan mesin dan operasional lainnya di TPI Wameo. Pihaknya terus mendalami kasus ini untuk menggali potensi keterlibatan orang lain. Tersangka akan dijerat pasal 2 ayat (1), pasal 3 dan atau pasal 8 undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Ia meminta Pemkot Baubau melakukan perbaikan regulasi pengelolaan TPI Wameo. “Sistem yang diterapkan saat ini masih rawan terjebak korupsi. Kalau seperti ini terus, pasti siapa pun yang di TPI Wameo akan mengalami hal yang sama,” pungkasnya. (ahi/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy