Teknologi Chip Kartu ATM Lebih Aman Untuk Cegah Kejahatan Skimming – Laman 2 – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Teknologi Chip Kartu ATM Lebih Aman Untuk Cegah Kejahatan Skimming

Ia pun menyarankan kepada perbankan agar mengimbau nasabahnya yang masih menggunakan pita kartu magnetik pada kartu kredit maupun kartu debitnya untuk segera menggantinya dengan kartu yang berteknologi chip. “Jadi, salah satu mitigasi risiko sebaiknya kartu atm (debit) diganti yang chip. Ini kewajiban bank juga untuk menyosialisasikannya sejalan dengan National Standard Indonesian Chip Card Specification (NSICCS) yang ditetapkan Bank Indonesia (BI),” jelasnya.

Meski terkena skimming, pihaknya mendukung langkah sigap BNI untuk segera menindaklanjuti pengaduan nasabahnya. Terlebih ada kerugian di dalamnya. “Ini merupakan risiko operasional dan berdampak pada risiko reputasi. Oleh sebab itu, respons sigap ini perlu dilakukan semua Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) dalam rangka menjaga kepercayaan (trust) masyarakat,” katanya.

Sebelumnya, BNI menerima aduan dari 36 nasabahnya yang mengaku duit dalam rekening mereka “raib” tiba-tiba. Nominal yang hilang bervariasi, mulai Rp 1 juta hingga 10 juta. Meski begitu, BNI langsung merespon cepat dengan membuka layanan pengaduan khusus bagi nasabah korban skimming. “Kami sudah buka layanan khusus Skimming di Kantor Cabang. Bagi yang merasa saldonya terdebet bisa langsung menghubungi kami,” ungkap Muzakkir, Pemimpin BNI Cabang Kendari. (b/ags)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy