Tarif Cukai Rokok Naik, Penduduk Miskin Bertambah – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Tarif Cukai Rokok Naik, Penduduk Miskin Bertambah

Potret kemiskinan penduduk di daerah Langgapulu, Konawe Selatan. Potensi peningkatan penduduk miskin terjadi akibat kebijakan kenaikan tarif cukai rokok. FOTO: LM. SYUHADA RIDZKY/KENDARI POS

KENDARIPOS.CO.ID — Tahun ini, Pemerintah resmi menaikkan tarif cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok sebesar rata-rata 23 persen dan harga jual eceran (HJE) mencapai 35 persen. Kenaikan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 152 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau yang telah diteken Presiden RI, Joko Widodo sejak 18 Oktober lalu dan berlaku mulai 1 Januari kemarin.

Usai menaikan cukai rokok tahun ini, total diera Pemerintahan Jokowi sudah lima kali menaikan cukai rokok, terhitung sejak 2015 sebesar 8 persen, 2006 sebesar 11 persen serta pada 2017 dan 2019 yang berturut-turut naik sebesar 10 persen.

Ekonom dari Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) Dr. Syamsul Anam Ilahi, SE., M.Ec, menyambut baik keputusan pemeritah itu. Hal tersebut dikarenakan potensi penerimaan cukai bisa mencapai Rp 173 triliun.

Tapi disisi lain, kata Dr. syamsul, naiknya cukai rokok berpotensi memicu pertambahan masyarakat miskin. “Rokok termasuk jenis produk yang berapapun harga jualnya tetap akan dibeli oleh konsumen (inferior goods). Kenaikan ini berpotensi memicu peningkatan jumlah orang miskin,” ungkapnya, kemarin (6/1).

Selain itu, lanjut dia, berkaca dari rencana pemerintah yang pada tahun ini juga akan menaikkan tarif BPJS Mandiri, tarif listrik 900 VA, maka akan berkonsekuensi menekan turunnya konsumsi rumah tangga yang selama ini telah menjadi sumber pertumbuhan ekonomi nasional.

“Pemerintah harus mengkaji cermat kenaikan ini. Jika targetnya adalah menekan konsumsi rokok warga, itu kita patut apresiasi. Sebab, kesadaran mengenai kesehatan lazimnya meningkat seiring dengan peningkatan taraf ekonomi masyarakat,” terangnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy