Tangani Sampah, Wali Kota Kendari Gunakan Sistem Pilkuma – Kendari Pos
Metro Kendari

Tangani Sampah, Wali Kota Kendari Gunakan Sistem Pilkuma

KENDARIPOS.CO.ID — Wali Kota Kendari Sulkarnain telah menemukan strategi untuk menangani persoalan sampah di Kendari. Politisi PKS itu mengagas sistem Pilih, Kurangi dan Manfaatkan (Pilkuma) untuk mengatasi sampah, namun butuh keterlibatan masyarakat. “Salah satu yang dilakukan kota besar untuk mengatasi sampah adalah dengan jargon 3R reuse, reduce, recyle. Hal ini sudah lama digaungkan, namun masyarakat banyak yang tidak mengerti. Ini sederhana, yaitu mengurangi, mengolah kembali menjadi lebih bernilai,” ungkap Wali Kota Kendari.

Metode Pilkuma, kata dia, sangat tepat untuk mengatasi sampah di metro ini. Itu cara yang ia temukan saat mengikuti diskusi dalam “3rd Green Cities Forum, Sustainable Urban Development Framework (GCF), Sustainable Urban Development of Coastal Cities”, di George Town, Penang, Malaysia, 14 Januari lalu. Mantan legislator Kendari mengatakan Pemkot masih harus lebih banyak belajar, berbenah, dan melibatkan masyarakat dalam penanganan sampah. “Memang butuh waktu untuk diterapkan di Kendari. Tapi jangan patah semangat, kita optimis ini bisa terwujud jika kita bersama menyatukan langkah,” ujarnya.

Penanganan sampah terasa sulit, bila masyarakat hanya berharap sampah adalah tugas pemerintah. Karena itu, ia ia bahwa sampah adalah tanggungjawab bersama. “Kalau sudah melekatkan paham ini, maka seberat apapun masalah bisa kita atasi. Tapi, sebanyak apapun peralatan dan tong sampah yang kita siapkan, kalau kesadaran masyarakat belum hadir. Maka kita harus memastikan semua elemen berani ambil tanggungjawab,” tandasnya. (hel/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy