Tak Aktifkan Alat Perekam Pajak, 10 Rumah Makan di Kolaka Kena Teguran – Kendari Pos
Kolaka

Tak Aktifkan Alat Perekam Pajak, 10 Rumah Makan di Kolaka Kena Teguran

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Pemasangan alat perekam pajak tak hanya sekedar memudahkan pelaku usaha membayar pajak. Namun juga memutus mata rantai jalur birokrasi yang terkesan berbelit-belit dan rawan praktek pungutan liar (Pungli). Sayangnya, terobosan yang dilakukan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kolaka belum sepenuhnya direspon positif para pelaku usaha. Hingga kini, masih ada pelaku usaha yang tidak mengaktifkan tapping box. Padahal pemasangan alat perekam pajak ini sudah mendapat kesepakatan pelaku usaha. Selain itu, pemotongan pajak 10 persen sudah menjadi kewajiban.

Plt Bapenda Kolaka, Hj Andi Tenri Gau mengatakan pemasangan alat perekam pajak di sejumlah tempat usaha seperti rumah makan, hotel, dan tempat hiburan dimaksudkan untuk mengefektifkan penarikan pajak. Dengan alat itu, pelaku usaha tak perlu lagi ke Bapenda untuk membayar pajak. Sebab pajak langsung akan terpotong setiap melakukan transaksi.

“Sekarang, kami dapat mengetahui berapa besaran pajak yang harus disetorkan oleh pemilik usaha setiap harinya tanpa harus berada di lokasi tersebut. Bahkan kami juga dapat mengetahui jika pemilik usaha itu mematikan alat tersebut atau tidak dalam online. Baru-baru ini, ada 10 rumah makan yang kami berikan teguran karena tidak online saat membuka usahanya. Bahkan diantaranya ada yang sudah kami berikan teguran ke dua,” ungkapnya saat ditemui Jum’at (17/1) kemarin.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy