Tahun Ini, USBN SD dan SMP Diganti Menjadi UAS – Kendari Pos
Edukasi

Tahun Ini, USBN SD dan SMP Diganti Menjadi UAS

Sejumlah murid SDN 13 Kendari berdoa bersama sebelum masuk kelas. Mulai tahun ini, soal ujian (UAS) tingkat SD dan SMP tak lagi ada campur tangan pusat dalam pembuatannya. Perubahan nomenklatur juga membuat kelulusan sepenuhnya ditentukan pihak sekolah.

KENDARIPOS.CO.ID — Nomenklatur berubah. Mulai tahun ini, Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Kendari telah dihapus. Diganti menjadi Ujian Akhir Sekolah (UAS). Konsekuensinya, sebagian besar soal ujian ditentukan sekolah. Termasuk kelulusan siswa juga ditentukan pihak sekolah. Ketentuan ini, sesuai dengan arahan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI).

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Muchdar Alimin mengungkapkan, tahun ini, pihak sekolah diberi kebebasan, melaksanakan UAS secara penuh, tanpa ada campur tangan pemerintah pusat. “Kalau sebelumnya, soal USBN 25 persen disusun pusat. Berbeda tahun ini, semua diserahkan kepada sekolah melaksanakan UAS secara penuh. Termasuk kelulusan, juga sepenuhnya diserahkan kepada masing-masing sekolah,” ungkap Muchdar Alimin, kemarin.

Penghapusan USBN tingkat SD/SMP ini berlaku untuk seluruh satuan pendidikan di Kota Kendari. Namun, untuk siswa kelas VI dan siswa kelas XII tetap akan diuji pada tingkat sekolah. “UAS akan dilaksanakan oleh masing-masing sekolah, sesuai dengan kebijakan dan regulasi yang ada,” jelasnya.

Dia menambahkan, adanya penghapusan USBN menjadi UAS, tetap akan dikontrol Diknudora Kota Kendari. Sebab, Dikmudora menginginkan, adanya pemerataan mutu dan kualitas SD/SMP melalui UAS yang akan dilaksanakan serentak seluruh SD maupun SMP di Kota Kendari. “UAS ini akan menjadi salah satu indikator dari mutu pendidikan. Sehingga, pelaksanaannya tetap harus dikontrol,” katanya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy