Tahun Ini, Setiap Kelurahan di Wakatobi Terima Dana Miliaran – Kendari Pos
Wakatobi

Tahun Ini, Setiap Kelurahan di Wakatobi Terima Dana Miliaran

KENDARIPOS.CO.ID — Kepala Badan Keuangan dan Pengelolaan Aset Daerah (BPKAD), Juhaiddin, mengatakan tahun 2020 sebanyak 25 Kelurahan di Kabupaten Wakatobi, mendapat kucuran dana Kelurahan. “Sudah teralokasi lewat APBD Wakatobi lebih kurang 1 miliar per Kelurahan,” terang Juhaiddin, Kamis (16/1)

Ia menjelaskan, dana Kelurahan ini bersumber dari dua mata anggaran. Pertama, dari Dana Alokasi Umum (DAU) tambahan kisaran Rp 307 juta. Serta dari Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) Wakatobi kisaran Rp 700 juta. “Jadi totalnya itu lebih kurang Rp 1 miliar. Dimana ketentuan dari Permendagiri 130, Pemda diberikan ketentuan sebesar Dana Desa (DD) terkecil. Makka DD terkecil di Wakatobi ini di Desa Pokambua,” tuturnya.

Juhaiddin menerangkan, dana Kelurahan ini diperuntukkan untuk pembangunan saran dan prasaran serta pemberdayaan masyarakat di tingkat Kelurahan. Untuk pembangunan sarana dan prasaran lanjut dia, seperti di bidang pelayanan kesehatan, kemudian bidang pendidikan, serta transportasi. “Kemudian untuk pemberdayaan diperuntukkan untuk pengelolaan kegiatan, kesehatan juga ada, kemudian di pendidikan, kemudian peningkatan usaha-usaha ekonomi mikro kecil, kemudian diketentraman ditingkat Kelurahan itu sendiri,” lanjutnya.

Untuk diketahui, dana kelurahan di Wakatobi telah teralokasi melalui APBD Wakatobi. Dan telah ditetapkan lewat Peraturan daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2019 dan Peraturan Bupati (Perbub) Nomor 328 tahun 2019 tentang penjabaran Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Wakatobi tahun 2020. (IS/KP)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy