Tahap II Pembangunan Jalan Toronipa Habiskan Rp 800 Miliar – Kendari Pos
Metro Kendari

Tahap II Pembangunan Jalan Toronipa Habiskan Rp 800 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Pembangunan tahap I jalan pariwisata Kendari-Toronipa dengan anggaran sekitar Rp 150 miliar telah tuntas dikerjakan. Kini mega proyek tersebut akan memasuki pembangunan tahap II dengan total anggaran Rp 800 miliar. Pembangunan tahap II itu pun direncanakan akan segera dilelang dan on progres pada awal Maret 2020 mendatang. Kamis (16/1/2019), Komisi III DPRD Sultra bersama Gubernur Sultra Ali Mazi dan stakeholder terkait meninjau langsung pengerjaan mega proyek tersebut. DPRD pun mengapresiasi perwujudan mega proyek tersebut berjalan sesuai dengan ketentuan dan selesai dengan taget yang tertuang dalam kontrak yakni 4 bulan pengerjaan.

Dalam tinjauan Komisi III DPRD, Ali Mazi mengungkapkan bahwa program jalan wisata itu merupakan mimpi tahun 2003 yang perlahan berhasil diwujudkan. Ia menjelaskan bahwa Sultra khususnya kawasan Toronipa mempunyai potensi yang luar biasa. “Namun potensi itu harus didukung dengan pembangunan infrastruktur yang memadai. Kini, potensi wisata Toronipa akan menjadi kawasan pariwisata Internasional,” jelasnya dihadapan DPRD dan awak media, di kawasan Jalan Wisata Toronipa, di Kendari.

Gubernur Sultra Ali Mazi (dua kiri), Ketua Komisi III DPRD Sultra Swandi Andi (kiri), Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Sultra, Abdul Rahim (dua kanan) saat meninjau jalan wisata Kendari-Toronipa, (16/1).

Keinginan Ali Mazi untuk menjadikan Toronipa sebagai kawasan Pariwisata Internasional pun serius akan diwujudkannya. Salah satu bentuknya adalah, mengadakan sayembara masterplant Pariwisata Toronipa yang berhadiah satu buah mobil kepada masyarakat. “Saya ingin masyarakat juga terlibat langsung dalam memberikan ide gagasan membangun kawasan wisata Toronipa menjadi kawasan pariwisata internasional,” katanya. Tidak hanya itu, Politisi NasDem ini akan mengajak semua stakeholder dan masyarakat sekitar Toronipa untuk belajar pariwisata di Bali. “Kita ajak masyarakat untuk belajar wisata dan budaya ke Bali. Kenapa di Bali sangat digemari budaya dan wisatanya. Itu harus dipelajari masyarakat Sultra agar bisa memanfaatkan potensi Pariwisata dan menjadikannya seperti Bali atau melebihinya,” tegasnya.

Kini, pengerjaan itu telah selesai untuk tahap I dengan panjang jalan 3,1 kilometer. Sekarang prosesnya akan memasuki tahap kedua dengan total panjang jalan 11 kilometer dan besar anggaran Rp 800 miliar. Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Provinsi Sultra, Abdul Rahim sebagai penanggungjawab mengatakan proses tahap II akan segera dilelang. “Secepatnya dilelang dan akan dimulai proses pengerjannya pada awal Maret mendatang. Untuk anggaran tahap II ini sekitar Rp 800 miliar,” ujarnya. Sedangkan untuk pembebasan lahan sendiri, Rahim mengungkapkan bahwa semua itu sudah dianggarkan sebesar Rp 100 miliar. “Jadi saya rasa tidak akan ada masalah. Namun, dalam perjalanannya mengalami kekurangan, maka anggaran tersebut akan ditambang melalui APBD,” jelasnya.

Melihat langsung hasil kinerja pembangunan proyek jalan Toronipa DPRD Sultra pun mengpresiasi hal tersebut. “Ini bentuk pertanggujawaban gubernur kepada publik. Anggaran yang telah disediakan kini disugukan dalam bentuk pembangunan yang luar biasa. Masyarakat bisa menilai dan melihat langsung hasil dari anggaran yang digunakan oleh pemerintah sebesar Rp 150 miliar pada APBD 2019 lalu,” kata Ketua Komisi III Swandi Andi.

Mewujudkan Sultra yang lebih maju dan lebih baik memang dibutuhkan sinergitas seluruh stakeholder dan masyarakat. “Semua protes masyarakat perlahan terjawab. Jalan wisata ini begitu indah, ditambah fungsi dari jalan itu nantinya akan menunjang sektor pariwisata yang akan menjadi masa depan masyarakat Sultra,” pungkasnya. (yog)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy