Sensus Penduduk Dimulai 15 Februari, BPS Konawe Imbau Masyarakat Input Data Secara Tepat – Laman 2 – Kendari Pos
Konawe

Sensus Penduduk Dimulai 15 Februari, BPS Konawe Imbau Masyarakat Input Data Secara Tepat

Kepala BPS Konawe, Sultriawati Efendy mengatakan sensus penduduk ditahun ini merupakan kali ketujuh pelaksanaan pendataan jiwa sejak pertama kali digelar tahun 1961. Di tahun 2020, untuk pertama kali sensus penduduk dilakukan dengan menerapkan aplikasi online. Sehingga, lanjutnya, pada 15 Februari mendatang, masyarakat tinggal mengakses web resmi di sensus.bps.go.id. Kemudian, tinggal menginput Nomor Induk Kependudukan (NIK)-nya, Kartu Keluarga (KK) serta membuat password pribadinya.

“Kurang lebih 20 pertanyaan akan muncul untuk diisi. Mulai dari nama, NIK nomor KK, tempat dan tanggal lahir (TTL), pekerjaan, pendidikan dan lain-lain,” ujar Sultriawati Efendy saat ditemui diruangannya, Kamis (30/1).

Penerapan metode cacah jiwa secara online dilatarbelakangi kesadaran BPS akan tingginya mobilitas masyarakat saat ini. Kalau berkunjung langsung ke rumah warga, sebutnya, belum tentu warga tersebut ada ditempat. Dengan metode online, masyarakat bisa berpartisipasi tak lebih dari 10 menit dengan mengakses link resmi dari BPS.

“Nanti setelah berakhirnya sensus penduduk online, kita akan lakukan lagi pendataan dengan metode lain yakni wawancara door to door. Itu dimulai pada tanggal 1 hingga 31 Juli 2020. Kurang lebih ada 500 petugas sensus akan turun ke lapangan untuk mendata warga,” ungkap Kepala BPS Konawe itu. (b/adi)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy