Sensus Penduduk, BPS Kendari Butuh 500 Petugas – Kendari Pos
Metro Kendari

Sensus Penduduk, BPS Kendari Butuh 500 Petugas

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pusat Statistik (BPS) mulai melakukan sensus penduduk secara online Februari, tahun 2020. Namun, rekrutmen petugas (mitra) sensus belum dibuka dengan dalih masih menunggu instruksi Badan Pusat Statistik (BPS) RI. Terlebih, sensus penduduk dengan metode online (mandiri) dan wawancara (door to door).

Kepala BPS Kendari, Martini mengungkapkan rekrut mitra sensus masih menunggu instruksi dari pusat. Pihaknya tak ingin mengambil inisiatif tanpa ada arahan dari BPS RI. “Kita masih akan berkoordinasi dulu dengan pusat. Tapi, untuk sensus sendiri akan dimulai Februari ini, secara mandiri. Masyarakat yang mengisi sendiri datanya, bisa melalui smartphone atau komputer,” ungkapnya.

Martini mengaku membutuhkan sekira 500 petugas untuk sensus penduduk secara langsung atau wawancara. Itu akan dimulai Juli mendatang. “Kita akan butuh sekiranya 500-an mitra sensus. Tugas mereka adalah berkoordinasi dengan Ketua RT dan memverifikasi penduduk yang belum ada di dalam data sensus mandiri. Sehingga, data yang kita peroleh ini benar-benar akurat,” terangnya. Dia menambahkan, target sensus mandiri di Sultra sebanyak 18 persen dari 94 ribu kepala keluarga. Ia mengajak masyarakat aktif berpartisipasi dalam pengisian sensus penduduk 2020. “Jangan takut memberi informasi kepada petugas sensus. Jangan takut melakukan sensus mandiri. Data penduduk terjaga kerahasiaannya,” pungkasnya. (hel/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy