Bawaslu Sultra Bakal Buka Sekolah Kader Pengawasan – Laman 2 – Kendari Pos
Politik

Bawaslu Sultra Bakal Buka Sekolah Kader Pengawasan

“Beberapa daerah sudah mengikuti program ini. Kita di Sultra baru bisa ikut di gelombang ketiga. Tapi kami di provinsi dan kabupaten/kota akan mengupayakan sekolah kader,” ujar Hamiruddin, kemarin. Para peserta nantinya akan dibekali materi kepemiluan oleh para akademisi dan penggiat Pemilu. Pascapendidikan sekolah kader, peserta akan langsung terjun ke lapangan mengawasi tahapan Pilkada serentak 2020. Kader pengawasan partisipatif akan dididik menjadi sukarelawan pengawas dalam Pilkada. Minimal bisa memberikan pendidikan, pengawasan dan pencegahan pelanggaran di lingkungan keluarganya.

Bawaslu, kata dia, menyadari tidak mungkin bisa mengawasi Pemilu tanpa bantuan masyarakat luas. Pasalnya, jumlah pengawas yang terbatas harus diperhadapkan dengan potensi kecurangan yang bisa terjadi di segala titik. Karenanya, sekolah kader menjadi kegiatan penting karena Bawaslu tidak bisa bekerja sendiri dalam melakukan pengawasan. Harus ada dukungan dari masyarakat agar pengawasan Pemilu berjalan lebih efektif. “Tidak mungkin Bawaslu dapat mengawasi Pemilu tanpa bantuan masyarakat. Kalau kita (Bawaslu) hanya bekerja sendiri mustahil dapat menemukan banyak pelanggaran. Bawaslu juga berkewajiban mempersiapkan masyarakat agar ikut berperan dalam pengawasan untuk menciptakan kontestasi jujur dan adil,” pungkasnya. (b/uli)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy