Sehari, 15,74 Ton Sampah Masuk ke TPAS Mataiwoi Konawe – Kendari Pos
Konawe

Sehari, 15,74 Ton Sampah Masuk ke TPAS Mataiwoi Konawe

KENDARIPOS.CO.ID — Kebersihan kota Unaaha harus terjaga. Untuk itulah, masyarakat diimbau membuang sampah di tempat yang telah disediakan. Tidak hanya itu, waktu pembuangan sampah harus sesuai jadwal mulai pukul 18.00-22.00 Wita. Produksi sampah rumah tangga cukup tinggi, tidak diimbangi petugas kebersihan yang disiagakan. Dalam sehari, 15,74 ton sampah masuk ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Mataiwoi di kecamatan Tongauna.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Konawe, Ilham Jaya mengatakan sampah yang dikumpulkan dari lima kecamatan terdekat yang masuk wilayah penanganan sampah di Kota Unaaha mencapai 15,74 ton sehari. Lima kecamatan itu yakni Unaaha, Wawotobi, Uepai, Anggaberi dan Tongauna. Sementara, data dari luar wilayah pelayanan yang masuk ke lapak pengumpul berjumlah sekira 1,8 ton sampah per hari. “Sampah yang bisa dikelola perhari rata-rata 70,62 persen. Itu masuk di TPAS Mataiwoi. Sisanya, sebanyak 17,54 persen sampah tidak bisa dikelola,” ujar Ilham Jaya, Senin (27/1) ditemui di ruangannya.

Kondisi TPAS Mataiwoi di kecamatan Tongauna. Setiap hari, 15,74 ton sampah masuk di tempat itu.

Ilham menerangkan, sampah yang tidak terkelola sebanyak 17,54 persen berasal dari akumulasi sampah yang dikumpulkan untuk skop 29 kecamatan se-Konawe yang tidak termasuk wilayah penanganan sampah kota Unaaha. Salah satu kendalanya, yakni keterbatasan sarana dan prasarana, dikarenakan lokasi wilayah yang cukup jauh dari ibukota kabupaten Konawe tersebut.

“Untuk wilayah-wilayah diluar kota Unaaha, kita optimalkan dengan Bank Sampah. Sehingga, sampah produksi rumah tangga juga bisa terkelola. Saya juga imbau kepada warga supaya menaati aturan jadwal pembuangan sampah mulai pukul 6 sore hingga jam 10 malam,” imbuh Kepala DLH Konawe itu. (b/adi)

Penanganan Sampah di Konawe


Produksi Sampah Sehari 15,74 ton
Di luar Pelayanan 1,8 ton
Sampah yang Bisa Dikelola 70,62 persen
Tak Bisa Dikelola 17,54 persen

Sumber Data : DLH Konawe

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy