Rusman Emba Panen Lobster di Lagasa – Kendari Pos
Muna

Rusman Emba Panen Lobster di Lagasa

Bupati Muna, LM Rusman Emba melakukan panen udang lobster di Desa Lagasa, Kecamatan Duruka kemarin.

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Muna melakukan panen lobster hasil produksi nelayan pesisir Desa Lagasa, Kecamatan Duruka. Kunjungan tersebut dirangkaikan dengan silaturahmi bersama ratusan perwakilan masyarakat nelayan se-Kabupaten Muna. Rusman menyebut sentra perikanan akan menjadi sumber utama ekonomi daerah. Pemkab kini menyiapkan kebijakan khusus untuk mengelola potensi laut bumi sowite.

Upaya serius menggarap sektor perikanan ditunjukan Rusman dengan mengunjungi sejumlah sentra perikanan daerah. Setelah pekan lalu meninjau tambak udang vaname di Desa Napalakura Kecamatan Napabalano, Rusman kembali melakukan pertemuan bersama perwakilan masyarakat nelayan di Desa Lagasa, Kec. Duruka. Pertemuan tersebut untuk menetapkan target kerja bersama yang akan dicapai pada tahun ini. Beberapa diantaranya ialah peningkatan produksi rumput laut hingga diatas angka 178 ribu ton. “Kita berharap nelayan bisa bekerja lebih ekstra agar target kita terpenuhi,” paparnya.

Rusman juga menyerahkan sejumlah bantuan kepada kelompok nelayan. Diantaranya lima paket kebun percontohan rumput laut untuk Kec. Duruka dan Marobo. Dua kecamatan itu merupakan sentra produksi utama di Muna. “Ini hanya stimulan atau perangsang. Petani harus pintar mengelola sendiri dengan inovasi,” sambungnya.

Tahun 2020, pemerintah fokus melakukan percepatan pembangunan daerah dengan out put utama peningkatan ekonomi masyarakat. Sektor perikanan terus digenjot untuk mencapai angka pertumbuhan ekonomi sebesar enam persen. Salah satu iktiar yang dilakukan ialah pendampingan nelayan dan pemberian stimulus bantuan kepada kelompok masyarakat.

Rusman mengaku akan menyiapkan dukungan kebijakan agar hasil perikanan bisa memiliki nilai tambah. Salah satu yang sedang dijajaki ialah kerjasama dengan pengusaha asal Jepang dalam pengelolaan industri rumput laut. “Sekarang tahap perencanaan. Kita berharap ini terealisasi agar hasil petani bisa tertampung disini,” urainya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy