Rusman Emba Janji Tuntaskan Krisis Air Bersih di Watopute – Kendari Pos
Muna

Rusman Emba Janji Tuntaskan Krisis Air Bersih di Watopute

LM. Rusman Emba

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Muna LM. Rusman Emba menjawab aspirasi masyarakat Kecamatan Watopute yang menuntut peningkatan layanan air bersih diwilayah tersebut. Rusman memastikan Pemkab tidak pernah abai dengan pelayanan terhadap kebutuhan dasar masyarakat. Pun soal air bersih di Watopute dipastikan akan selesai tahun ini.

Rusman mengungkapkan hal tersebut saat menerima perwakilan masyarakat di Galampano, rumah jabatan Bupati Muna. Ia menegaskan aspirasi tersebut sudah dipikirkan solusinya oleh Pemkab. “Kami tidak menutup mata dengan persoalan air bersih. Hanya memang butuh proses, tidak bisa dengan sekali kebijakan,” terangnya.

Ia menyebutkan, krisis air bersih di Watopute sudah ada sejak lama. Saat ia menjabat, masalah itu sudah berulang kali coba diselesaikan. Pemkab diantaranya menganggarkan pembangunan sistem pengelolaan air bersih di wilayah setempat. Pemkab juga telah mengalokasikan dana pengadaan pompa air dari sumber mata air Jini. Hanya saja dua kebijakan itu belum efektif. “Kita masih pikirkan formulasi tepatnya. Tetapi prinsipnya masalah itu tetap diselesaikan” paparnya.

Direktur Utama Perusahaan Air Minum Tirta Dharma Muna, Nur Yayat Fariki menjelaskan ada delapan desa/kelurahan di Watopute yang belum optimal dilayani air bersih. Hanya saja, masalah krisis air bersih di Watopute itu disebabkan dua hal. Pertama, masyarakat kurang kooperatif dalam pembayaran tagihan air sehingga perusahaan melakukan penghentian pelayanan sementara waktu. Ada lebih kurang 200 sambung rumah tidak rutin membayar tagihan. Kebijakan pemutusan aliran dilakukan atas pertimbangan efisiensi perusahaan. “Pemerintah juga dilematis. Masyarakat justru tidak taat pada kewajibannya,” terangnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy