Ribuan Warga Tiongkok Bekerja di Sultra, Terbanyak di Konawe – Kendari Pos
Metro Kendari

Ribuan Warga Tiongkok Bekerja di Sultra, Terbanyak di Konawe

KENDARIPOS.CO.ID — Sultra menjadi surga bagi tenaga kerja asing (TKA). Sepanjang tahun 2019, warga negara asing yang bekerja di Bumi Anoa mencapai 1.327 orang. Jumlah itu, didominasi pekerja asing asal Tiongkok dengan jumlah 1.303 orang tersebar di berbagai kabupaten/kota (lihat grafis dibawah). Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sultra Saemu Alwi mengatakan total TKA ini sulit ditentukan secara pasti, sebab mereka keluar dan masuk. “Jadi kami juga mengecek tiap bulan. Data terakhir pada November 2019, total TKA yang ada 1.327 orang. Yang mendominasi adalah TKA dari Tiongkok,”jelasnya.

Kabupaten Konawe paling banyak menampung pekerja asing. Jumlahnya mencapai 1.235 orang dan tersebar di tiga perusahaan pertambangan. Masing-masing, PT. Virtue Dragon sebanyak 667 orang, PT. OSS sebanyak 557 orang dan PT. Bumi Sultra Perkasa berjumlah 2 orang. Yang perlu dipahami masyarakat, pihaknya bukan mengurus perizinan para TKA, tetapi bagaimana mengawasi mereka bekerja. Sebab, untuk kontrak, mereka langsung dari perusahaan dengan para TKA negara asal. Terkait masalah keimigrasian itu sudah menjadi kewenangan pihak Imigrasi. Disnakertran hanya menjalankan tugas dalam mengawas.

“Jadi investor penyedia pabrik yang menentukan para tenaga kerjanya. Hampir setiap bulan ada kontrak yang habis makanya datanya juga harus terus dipantau. Mereka ada yang datang dan ada juga yang pulang, sebab kontraknya langsung dari daerahnya, bukan sama kita,”kata Saemu. (rah/b)

TKA Masuk Sultra

-Total: 1.327
-Laki-laki: 1.244
-Perempuan: 83

Kab/Kota Jumlah TKA Asal TKA

Kendari 6 Malaysi, China dan Jepang
Konawe 1.235 China
Konawe Utara 16 China
Konawe Selatan 18 China dan India
Bombana 6 China dan Ukraina
Baubau 3 China
Buton 25 China
Wakatobi 18 Swiss, Spanyol, Jepang, Italia, USA, Inggris, Jerman dan Belanda

Sumber: Disnakertrans Periode November 2019

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy