Restu Parpol Tak Gratis, Pengamat : Elektabilitas Menjadi Rujukan Parpol – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Restu Parpol Tak Gratis, Pengamat : Elektabilitas Menjadi Rujukan Parpol

KENDARIPOS.CO.ID — Aroma kontestasi Pilkada serentak tujuh daerah mulai sengit. Petahana maupun penantang terus bergerak dan bergerilya mencari dukungan partai politik (parpol) pemilik kursi di DPRD. Penantang yang punya peluang tipis meraih dukungan parpol, mulai menyiasatinya dengan memilih jalur independen. Ribuan KTP masyarakat sebagai syarat dukungan dikumpulkan.

Usai meminang partai di tingkat lokal, langkah penguatan politik ditempuh kontestan. Komunikasi di tataran elit partai di DPP pun lakoni. Mereka berusaha meyakinkan DPP untuk mendapatkan selembar rekomendasi yang diteken ketua umum dan sekretaris jenderal di tingkat pusat.

Pinangan untuk mendapat restu parpol tidaklah gratis. Sudah menjadi rahasia umum jika ingin mendapat restu parpol, kontestan mesti menunaikan “mahar” yang disamarkan dengan istilah biaya politik (cost politic). Atau ada bargaining political lainnya. Misalnya petahana harus menggandeng kader partai yang dilamar sebagai tandemnya di Pilkada.

Pengamat Politik Sultra, Prof. Eka Suaib berpendapat lobi politik kontestan Pilkada serentak ini tidak ada salahnya. Meski lobi untuk mendapat dukungan parpol berupa rekomendasi dari DPP tidak mudah. “Kita tidak bisa tebak, parpol akan memilih siapa, karena banyak yang lobi partai itu, misalnya. Biasanya keputusan DPP keluar didetik-detik terakhir jelang pemilihan,” ujar Prof.Eka Suaib, Rabu (29/1).

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy