Rekomendasi KPK, NJOP Jalur Utama di Kota Kendari akan Naik – Kendari Pos
Metro Kendari

Rekomendasi KPK, NJOP Jalur Utama di Kota Kendari akan Naik

KENDARIPOS.CO.ID — Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP) kawasan komersil mulai naik tahun ini. Kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari sesuai undang-undang nomor 28 tahun 2009 tentang perpajakan dan Perda nomor 2 tahun 2011, yang menyebut NJOP diupdate tiga tahun sekali atau setahun sekali untuk objek tertentu.

“Kita melihat NJOP yang berlaku di Kendari adalah tahun 2014. Sehingga sudah perlu dan layak dilakukan update. Berdasarkan rekomendasi KPK yang mendorong Pemkot untuk segera melakukan update NJOP, dan langkah awal akan dilakukan penyesuaian NJOP di kawasan bisnis, seperti Jalan Edi Sabara yang terdapat banyak hotel,” kata Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kendari, Sri Yusnita.

Kata dia, penyesuaian ini hanya untuk jalan lapis pertama pinggir jalan, belum menyentuh lapis kedua. Menurutnya, faktor utama dalam menentukan NJOP adalah harga pasar. Karena itu, Pemkot mengambil langkah melibatkan camat dan lurah yang tahu persis harga tanah di wilayahnya dan laporan notaris untuk nilai tanah yang berlaku di Kendari. Selain itu, melibatkan juga konsultan jasa penilai publik (KJPP) lembaga independen yang tahu nilai tanah di Kendari, dan akademisi. Sehingga penetapan ini tidak sepihak oleh pemerintah.

“NJOP hasil kajian mereka kita sandingkan dengan NJOP lama. Lalu ambil nilai rata-rata, kemudian disandingkan dengan klasifikasi nilai tanah dari Kementerian Keuangan, sehingga didapatkan NJOP 2020,” ujarnya. Mantan Kadis Perizinan Kendari itu menambahkan, penyesuaian ini bukan semata kepentingan optimalisasi PAD, tapi dengan NJOP yang disesuaikan, maka aset warga juga akan naik. “NJOP setiap ruas jalan berbeda, sesuai nilai klasifikais tanahnya. Contoh di WR Supratman, harga pasar Rp 2 juta-an, tapi NJOP cuma Rp 1,7 juta per meter. Jadi tidak sama persentasenya peruas jalan,” tandasnya. (hel)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy