Ratusan Warga Kurang Mampu di Kolut Terima Santunan ZIS – Kendari Pos
Kolaka Utara

Ratusan Warga Kurang Mampu di Kolut Terima Santunan ZIS

KENDARIPOS.CO.ID — Ratusan warga kurang mampu di Kolaka Utara (Kolut) tersenyum semringah. Di awal tahun ini, mereka kebagian santunan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat. Penyerahan santunan Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) diberikan langsung Bupati Kolut, Nur Rahman Umar didampingi Ketua Baznas Kolut, H. Muslimin Nur di Masjid Raya Lama Kelurahan Lasusua.

Kecamatan Lasusua menjadi lokasi pertama penyaluran ZIS di bulan Januari ini. Tercatat sebanyak 462 orang yang berasal dari 11 desa dan satu kelurahan dengan total dana Rp. 138,6 juta. Penyaluran ZIS ini dilakukan di tiga lokasi. Selain di Kelurahan Lasusua, Desa Tojabi dan Totallang menjadi lokasi penyaluran ZIS.

Sebelum menyalurkan ZIS, Bupati Kolaka Utara (Kolut), H Nur Rahman Umar (berdiri) memberi arahan kepada masyarakat di Masjid Raya Lama Kelurahan Lasusua.

Bupati Kolut, Nur Rahman Umar mengatakan, selama ini penyaluran ZIS itu dilakukan pemkab setiap Ramadan. Mulai tahun ini Baznas pusat meminta dalam setahun zakat itu sudah bisa disegerahkan penyerahannya. “Bergilir kecamatan, setiap ZIS yang terkumpul sebulan itu langsung dibagikan,” ucapnya. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kolut, total angka masyarakat miskin di Kolut tersisa 13 persen atau sejumlah 19 ribuan. Meski terbilang besar, hal itu telah ditekan pemerintah sepanjang tahun hingga 2020 saat ini. “Betapa besar angka warga miskin Kolut yang harus dibantu. Tetapi kita juga harus bersyukur karena perlahan-lahan angka itu bisa ditekan sepanjang tahun,” tuturnya.

Ketua Baznas Kolut, H. Muslimin Nur mengatakan ZIS Kolut saldo ZIS yang terkumpul dari sisa penyaluran tahun lalu berjumlah Rp 1,5 miliar. Hingga Desember mendatang, diestimasi dana terkumpul bisa mencapai Rp. 3,5 M. “Tetapi mulai tahun ini setiap yang masuk dalam sebulan langsung dibagi jadi tidak terkumpul lama,” ucapnya.

Setiap bulannya, dananya yang disalurkan sekitar Rp 250 juta. Sasarannya kaum fakir miskin sebanyak 5 ribuan orang. “Kami mengumpulkan data dari desa langsung. Tentunya kades masing-masing harus profesional juga siapa warganya yang berhak menerima ZIS dalam artian bukan dari orang terdekat,” pungkasnya. Sekedar diketahui, ada delapan asnaf (penerima) selain fakir-miskin berdasarkan Al quran surat At-Taubah ayat 60 yang sebagai rujukan antara lain amil, hamba sahaya, gharimin, fisabilillah, muallaf dan ibnu sabil. Besaran rupiahnya berfariasi sesuai kategori masing-masing. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy