Rangking Peserta SNMPTN Ditentukan Sekolah – Kendari Pos
Edukasi

Rangking Peserta SNMPTN Ditentukan Sekolah

KENDARIPOS.CO.ID — Penerimaan Mahasiswa baru (Maba) pada jenjang Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) segera dimulai. Tahun ini penerimaan SNMPTN memiliki sejumlah perbedaan dibanding sebelumnya. Salah satunya berada pada pada sistem pemeringkatan peserta yang tidak lagi ditentukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTPMT).

Dr. La Hamimu

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Univeristas Halu Oleo (UHO), Dr. La Hamimu mengungkapkan bahwa tahun 2020 nanti jalur SNMPTN akan ditentukan oleh masing-masing sekolah. “Kalau sebelumnya, pemeringkatan peserta ditentukan oleh LTPMT, maka tahun 2020 LTPMT tidak berwenang lagi melakukan pemeringkatan. Pihak LTPMT hanya akan menentukan kuota yang sesuai dengan akreditasi sekolah yang ada,” ungkapnya, Kamis (2/1).

Perubahan tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi kecurangan yang dilakukan oleh sekolah dengan memanipulasi nilai siswa ataupun peringkat guna meloloskan siswanya untuk lulus pada SNMPTN.

“Tahun-tahun sebelumnya ada banyak kecurangan yang terjadi saat mengikuti SNMPTN dengan memilih UHO sebagai PTN nya. Misalnya, ada banyak sekolah yang memadukan siswanya melalui jalur SNMPTN dengan melebihi kuota yang telah ditentukan. Misalnya, sekolah yang terakreditasi A memiliki kuota 40 persen, namun pada kenyataannya, sekolah yang bersangkutan mendaftarkan siswa melebih dari kuotanya,” imbuhnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy