Raih Penghargaan PWI, Wali Kota Baubau Sanjung Pers – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Raih Penghargaan PWI, Wali Kota Baubau Sanjung Pers

KENDARIPOS.CO.ID — Wali Kota Baubau, AS Tamrin menambah koleksi penghargaan berkelas nasional. Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat memberikan penghargaan anugerah kebudayaan kepada AS Tamrin karena dinilai telah mendorong dan membangun kebudayaan. Mengawali penghargaan anugerah kebudayaan itu, Ketua PWI Baubau, Aswarlin menyerahkan SK Anugerah Kebudayaan PWI Pusat, Senin (13/1). Sekaligus mengundang Wali Kota Baubau, AS Tamrin menerima anugerah kebudayaan dalam peringatan Hari Pers Nasional di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) Februari mendatang.

Penghargaan untuk AS Tamrin itu tidak begitu saja. AS Tamrin melakukan presentasi atas proposal yang diajukan ke PWI pusat, sebagai salah satu syarat penganugerahan penghargaan kebudayaan. Selama dua hari, 8 hingga 9 Januari 2020, AS Tamrin melakukan presentasi di hadapan dewan juri dan PWI Pusat menyatakan AS Tamrin sangat pantas dan memenuhi syarat sebagai kepala daerah peraih penghargaan kebudayaan. “Ini patut disyukuri karena kinerja kita rupanya mendapat perhatian dari wartawan khususnya PWI Pusat dan meraih anugerah dari sekian banyak daerah yang dinilai,” kata AS Tamrin saat menerima SK Anugerah Kebudayaan PWI Pusat dari Ketua PWI Baubau, Aswarlin usai usai apel pagi di halaman kantor Wali Kota Baubau.

Wali Kota Baubau, AS Tamrin (kanan) menerima SK penghargaan anugerah kebudayaan PWI Pusat yang diberikan Ketua PWI Baubau, La Ode Aswarlin (kiri) usai apel ASN Pemkot Baubau, Senin (13/1).

Anugerah kebudayaan ini diraih bukan secara instan namun berkat kerja keras dan sinergitas yang baik antara Pemkot, masyarakat dan insan pers di Baubau. Tanpa kebersamaan maka anugerah ini tidak mungkin diperoleh. “Terima kasih atas sinergisitas selama ini. Penilaian ini bukan hanya dari sisi materi, tapi juga dari sisi pembangunan kebudayaan yang telah banyak dilakukan baik itu implementasi Polima (PO5) hingga revitalisasi situs budaya serta pelestarian ritual adat kebudayaan di daerah,” kata AS Tamrin.

Kanjeng Raden Tumenggung AS Tamrin Reksonagoro menambahkan, peran pers juga sangat penting dalam kemajuan kebudayaan daerah. Melalui publikasi, pers telah mengambil peran dan berkontribusi langsung dalam memajukan kebudayaan daerah. “Inilah bentuk kerjasama yang baik dan positif. Mari kita bekerja sama membangun daerah sesuai dengan tupoksi dan profesi masing-masing,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Baubau, La Ode Aswarlin mengungkapkan penganugerahan kebudayaan oleh PWI Pusat pada HPN 2020, merupakan inisiatif PWI Pusat dalam rangka membantu Presiden RI untuk mendorong nilai-nilai kebudayaan di daerah. Atas dasar itu PWI Baubau berkoordinasi dengan PWI Cabang Sultra untuk mengusulkan Wali Kota Baubau AS Tamrin sebagai salah satu calon penerima anugerah. “Alhamdulillah Wali Kota Baubau menjadi salah satu kepala daerah yang ditetapkan sebagai penerima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat. Rencananya penganugerahan ini akan diserahkan pada puncak peringatan HPN, 9 Februari di Kota Banjarmasin,” ungkapnya.

Mantan wartawan Kendari Pos itu menambahkan PWI Pusat menilai AS Tamrin berperan aktif mendorong pembangunan moral generasi muda dengan menghidupkan nilai-nilai budaya falsafah Buton Pomamasiaka, Poangka-angkataka, Pomae-maeaka, Popia-piara dan Pobinci-bincikikuli (P05). Polima sebagai perekat persatuan dan kesatuan dalam bingkai sistem kearifan lokal yang diadopsi dari Sarapatanguna telah dituangkan dalam buku “Polima Gema Pancasila dari Baubau”.

Dan jika tak ada aral, buku itu akan dibedah dalam momentum peringatan HPN 2020. “Penegasan ketua dewan juri saat penyerahan SK penetapan kepala daerah penerima anugerah, bahwa pembangunan moral harus didorong demi kemajuan dan masa depan bangsa. Dan hal ini telah dilakukan oleh Pemkot Baubau yang dinakhodai Wali Kota AS Tamrin,” tutup Aswarlin. (ahi/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy