Proyek Tanggul Sungai Wanggu Terkendala Pembebasan Lahan – Kendari Pos
Metro Kendari

Proyek Tanggul Sungai Wanggu Terkendala Pembebasan Lahan

KENDARIPOS.CO.ID — Pembangunan tanggul di Sungai Wanggu, Kelurahan Lepo-lepo, Kecamatan Baruga, Kota Kendari untuk mengantisipasi banjir belum terlaksana. Proyek yang akan dikerjakan Balai Wilayah Sungai (BWS) IV Sultra belum bisa terwujud dengan dalih terkendala pembebasan lahan.

Anggota Komisi III DPRD Sultra, Sudirman, menyambangi Kantor BWS, Senin (13/1). Politisi PKS itu mempertanyakan langkah BWS dalam penanggulangan banjir di Kendari, terutama di pemukiman penduduk di bantaran Sungai Wanggu. Sudirman berharap BWS bisa menanggulangi banjir di Kota Kendari. “Kalau untuk pembebasan lain, kita akan lakukan koordinasi dengan stakeholder terkait. Kalau itu ranah provinsi, kita minta agar proses pembebasan itu segera dilakukan. Itu semua demi masyarakat agar terhindar dari bencana banjir,” katanya.

Sungai Wanggu

Ditempat yang sama, Wakil Ketua Komisi III, Aksan Jaya Putra, mengaku DPRD akan berupaya mebebaskan lahan di sekitar Wanggu. “Banjir memang sudah tidak bisa dihindari, karena perubahan iklim dan cuaca. Untuk itu, stakeholder harus berperan, relokasi menjadi jalan keluar, dan harapan itu bisa diwujudkan segera,” tuturnya. Selain di wanggu, kata dia, titik banjir atau genangan wilayah lain juga harus menjadi perhatian pemerintah. “Apa masalah dan solusinya. Pemerintah harus menyiapkan hal tersebut. Jangan sampai masyarakat menjadi korban,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BWS IV Sultra, Arbor mengatakan pemerintah telah menggelontorkan sejumlah dana dari APBN untuk mengatasi persoalan banjir di Wanggu, yang rencananya dengan membangun tanggul. “Kita (BWS) berama anggota DPR-RI Ridwan Bae sudah beberapa kali menggelontorkan dana untuk Wanggu. Tahun ini, sudah kita lakukan langkah mencegah banjir di sana,” tuturnya.

Meski begitu, Arbor mengatasi banjir di Sungai Wanggu terkendala pembebasan lahan. “Kami meminta bantuan DPRD untuk berkomunikasi dengan pemerintah daerah terkait pembebasan lahan tersebut. Karena untuk pembuatan tanggul di Hulu Wanggu itu diperlukan pembebasan lahan,” ujarnya. (yog/b)

Rencana kerja BWS tanggulangi banjir Kendari

-Pembangunan tanggul sepanjang 4,2 kilometer
-Pembangunan galian alur
-Pembangunan kolam retensi
-Pembangunan regulation pond
-Pembangunan check dam dan perbaikan serta restorasi anak sungai wanggu

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy