Pinjaman Pemprov Terganjal Restu Mendagri – Kendari Pos
Nasional

Pinjaman Pemprov Terganjal Restu Mendagri

J. Robert Maturbongs

KENDARIPOS.CO.ID — Tiga mega proyek Ali Mazi-Lukman Abunawas (Aman) memang sedang on progres. Pembangunan jalan wisata Kendari Toronipa, RS Jantung dan perpustakaan modern sudah rampung tahap I. Rekanan sedang menggenjot pembangunan tahap II.

Ketiga mega proyek itu kini dalam bayang-bayang mangkrak. Satu-satunya sumber dana yang diharapkan dari pinjaman dana di PT.Sarana Multi Infrastruktur (SMI) tak kunjung cair sampai saat ini. Dokumen pinjaman daerah sebesar Rp.1,195 triliun masih terganjal restu Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian.

Dokumen pinjaman Pemprov Sultra belum diteken Mendagri. Fakta terbaru ini diungkapkan Plt.Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sultra, J.Robert Maturbongs. “Kendalanya masih di surat pertimbangan dari Mendagri, sebenarnya target itu tahun kemarin. Cuma kemarin itu ada pergantian Mendagri, dan saat ini Pak Tito Karnavian belum bisa menandatangani karena beliau masih menunggu masukan dari Dirjen terkait mekanisme pinjaman daerah,” ujarnya saat ditemui Kendari Pos dalam rapat serapan anggaran Pemprov Sultra di Hotel Claro Kendari, Selasa (14/1).

Robert menjelaskan apabila surat persetujuan pinjaman daerah Pemprov Sultra itu di tandatangani Mendagri, maka anggaran dapat dicairkan dalam dua tahap. Bisa jadi proses pencairannya dimulai Maret 2020.

Dalam waktu dekat, Robert akan melakukan pertemuan dengan Direktur PT.SMI untuk membahas persiapan rekomendasi dari Mendagri. Tim Kemendagri dijadwalkan bakal turun langsung meninjau lokasi jalan wisata Kendari-Toronipa.

“Saya akan coba fasilitasi. Besar harapan kita agar surat pertimbangan yang diajukan keluar Januari ini. Kita akan langsung ajukan ke Kementerian Keuangan untuk pelampauan batas maksimal defisit APBD. Kalau sudah keluar nanti muaranya ke PT. SMI,” terangnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy