Pinjaman Belum Direstui Mendagri, Ali Mazi : Kita Tidak Mungkin Memaksakan – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Pinjaman Belum Direstui Mendagri, Ali Mazi : Kita Tidak Mungkin Memaksakan

KENDARIPOS.CO.ID — Kamis lalu, Gubernur Sultra Ali Mazi memboyong anggota Komisi III DPRD Sultra, Suwandi Andi dan sejumlah wartawan meninjau progres proyek jalan wisata Kendari-Toronipa. Sepertinya, sang gubernur ingin menunjukkan mega proyeknya itu sudah separuh jalan. Tak ada kata menunda dalam pengerjaannya. Dukungan semua elemen diarahkan ke sana. Dengan kata lain, pinjaman Pemerintah Provinsi Sultra kepada PT.Sarana Multi Infrastruktur sebesar Rp 1,1 triliun tak bisa ditunda lagi. Meski belum mendapat restu Mendagri, Tito Karnavian. Dokumen pinjaman daerah itu rupanya masih ditangan staf Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri, Syarifuddin Udu.

Sukses tidaknya pembangunan tiga mega proyek Ali Mazi-Lukman atau Aman yakni RS Jantung,Perpustakaan modern,jalan wisata Kendari-Toronipa, berada ditangan Menteri Tito Karnavian. Diujung pena tandatangan sang menteri. Jika menteri tak berkenan menyetujui pinjaman, maka tiga mega proyek itu kini dalam bayang-bayang mangkrak. Kemendagri belum memastikan apakah akan menyetujui seluruh permintaan Pemprov atau tidak. Sebab akan dilakukan kajian kondisi keuangan daerah. Sebelumnya, Kemendagri sempat menolak berkas usulan Pemprov lantaran kesalahan administrasi.

Meski begitu, gubernur enggan grasa grusu dan lebih memilih untuk mengikuti prosedur. “Kita tidak mungkin memaksakan. Semua kan sudah ada perhitungannya. Dasar-dasar untuk menyetujui pinjaman itu sudah kita serahkan, jadi semua bergantung pada pimpinan, kapan akan disetujui. Kita ikuti saja prosedur,” tutur Ali Mazi kepada Kendari Pos usai meninjau jalan wisata Kendari-Toronipa. Ali Mazi melihat ada secercah peluang pinjaman daerah disetujui Mendagri. “Semua targetnya jelas. Saya rasa pinjaman itu akan disetujui pemerintah pusat. Kita tunggu saja persetujuan dari Mendagri,” optimistis Ali Mazi.

Ali Mazi

Menurut akademisi Fisip Universitas Halu Oleo, Dr Najib Husain mega proyek Aman harus dievaluasi kembali sebelum terlalu jauh melangkah. Sebab dana dengan jumlah fantastis yang digelontorkan dihasilkan dari keringat rakyat. “Dari tiga proyek ini, boleh jadi hanya satu atau dua di antaranya yang dapat dituntaskan sesuai dengan kondisi keuangan daerah yang ada. Jadi bisa diseleksi kembali mana yang betul-betul prioritas,” ujar Najib Husain, Jumat (17/1).

Jika berisiko menyulitkan daerah di masa yang akan datang, maka pemerintah tidak boleh memaksakan kehendaknya. Ia menilai, sangat beralasan dewan menolak usulan pinjaman yang diajukan Pemprov jika terbukti proyek tersebut belum menjadi kebutuhan utama masyarakat. Apalagi bila tidak sesuai dengan visi misi Aman saat mencalonkan diri.

Namun, apabila memenuhi syarat, maka
Ali Mazi harus berusaha membangun komunikasi yang positif dengan parlemen.

Lambatnya proses persetujuan pinjaman oleh Kemendagri, dinilai Najib sebagai indikasi proyek tersebut memang memiliki kendala. Sebab, Kemendagri akan mempertimbangkan soal logis tidaknya realisasi proyek spektakuler itu. Eksekutif dan legislatif mestinya menjadi mitra dalam mengawal pembangunan. Bukan justru mendahulukan ego masing-masing. “Apakah proyek ini benar-benar urgen? Apa keuntungan untuk daerah dan masyarakat nantinya? Pertanyaan-pertanyaan ini yang harus dijawab,” argumen pakar komunikasi politik Sultra itu.

Jika alasannya logis, maka Ali Mazi harus mampu meyakinkan legislatif, terutama pihak-pihak yang menentang proyek ini. Selain anggota dewan, Ali Mazi juga perlu meyakinkan publik apa urgensi dan keuntungan dari mega proyek. “Komunikasi politik yang dibangun Ali Mazi dengan dewan kurang berjalan bagus. Mestinya, secara intens dibahas segera setelah dewan baru dilantik. Tim kerja Ali Mazi juga nampaknya tidak mendukung secara penuh. Seakan-akan mega proyek itu tiba-tiba saja muncul. Sehingga semua tanggung jawab hanya dibebankan kepada gubernur. Lukman dan kepala-kepala OPD nya perlu bersuara soal proyek ini,” tandas Najib. (yog/uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy