Pilbup Muna Berpotensi Lahirkan Tiga Paslon, Pengamat: Rawan Dualisme Dukungan Partai – Kendari Pos
Politik

Pilbup Muna Berpotensi Lahirkan Tiga Paslon, Pengamat: Rawan Dualisme Dukungan Partai

Muh. Najib Husain

KENDARIPOS.CO.ID — Peta politik pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020 di Muna masih sulit terbaca. Sejauh ini, hanya empat bakal calon (Balon) bupati yakni LM Rusman Emba, LM Baharuddin, LM Rajiun Tumada, dan Syarifuddin Udu yang namanya sangat mengemuka. Kendati demikian, posisi keempat figur tersebut dinilai masih sangat dinamis. Belum jelas siapa yang akan mendapatkan rekomendasi partai sebagai kendaraan politik. Analisa itu dibeberkan Pakar Komunikasi Politik Sulawesi Tenggara (Sultra), Dr Muh. Najib Husain.

Dampaknya, di Bumi Sowite sangat mungkin lahir tiga pasangan calon (Paslon). “Saya masih yakin di Muna bisa lahir tiga pasang,” ujar Najib Husain saat dihubungi, kemarin. Lanjut dia, jika Baharuddin berhasil menggandeng Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), maka sosok yang akrab disapa Dokter itu sangat diuntungkan. Selain kekuatan empat kursinya, PKB juga memiliki Jaelani yang dinilai memililiki bargaining yang cukup kuat sebagai wakil. Dengan koalisi PKB-PAN, Baharuddin tinggal mencari satu kursi tambahan untuk melengkapi syarat pencalonan. Di Muna, dibutuhkan minimal enam kursi partai atau koalisi partai untuk bisa mendapatkan tiket dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). “Namun, dengan persaingan yang sangat ketat, di Muna, satu kursi sangat bernilai. Belum tentu bisa didapat dengan mudah,” terangnya. Rajiun yang mungkin di back up organisasi politiknya (Nasdem), masih harus berjuang menambah empat kursi. Pengumuman yang dilakukan Bupati Muna Barat itu untuk menggandeng La Pili sebagai wakilnya, dinilai Najib sangat mungkin diamini oleh PKS. “Dengan memboyong dua kursi PKS, maka Rajiun butuh tambahan dua kursi. Sejauh ini yang paling mungkin merapat adalah Gerindra,” tuturnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy