Peserta SBMPTN Hanya Diberi Satu Kesempatan Tes UTBK – Kendari Pos
Edukasi

Peserta SBMPTN Hanya Diberi Satu Kesempatan Tes UTBK

Calon Maba UHO yang mengikuti UTBK pada tahun lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Penerimaan Mahasiswa Baru (Maba) tahun akademik 2020/2021 pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia, melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) kembali akan menggunakan nilai dari Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) yang akan dihelat setiap PTN, termasuk Universitas Halu Oleo (UHO). Untuk itu, calon Maba diimbau mempersiapkan diri dalam menghadapi UTBK. Pasalnya, calon Maba hanya diberi satu kali kesempatan untuk mengikuti UTBK.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UHO, Dr. La Hamimu mengungkapkan, pelaksanaan UTBK tahun ini cukup berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebab, tahun 2020, peserta hanya akan diberi kesempatan satu kali untuk mengikuti UTBK. Hal ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang memberi dua kali kesempatan dalam menjalani UTBK. “Para peserta UTBK 2020 kita minta untuk serius dalam mengerjakan tes UTBK, sebab setiap peserta hanya akan diberi kesempatan satu kali tes saja, tidak boleh mengulang seperti tahun sebelumnya,” ungkapannya, Rabu (22/1).

Ia menyebutkan, proses penerimaan Maba untuk tahun 2020 di UHO melalui jalur SBMPTN akan dibuka serentak dengan PTN yang ada di Indonesia, dan nilai dari UTBK merupakan salah satu syarat dalam pendaftaran tersebut. “Pada penerimaan SBMPTN, UHO akan membuka kuota untuk semua jurusan yang ada, termasuk Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat (Kesmas) hingga Teknik,” katanya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada seluruh calon Maba untuk mengikuti segala tahapan yang telah ditentukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) terkait penerimaan jalur SBMPTN yang akan dihelat serentak pada 2 Juni hingga 13 Juni 2020 mendatang. “Untuk pengumumannya serentak juga akan disiarkan pada 30 Juni 2020,” tuturnya.

UTBK merupakan salah satu syarat wajib yang harus dilakukan oleh seluruh Calon Maba yang ingin mendaftar di PTN menggunakan jalur SBMPTN. Sebab, jika calon Maba yang tidak memiliki nilai UTBK maka otomatis mereka tidak akan bisa masuk PTN yang diinginkannya melalui jalur SBMPTN. “Proses penerimaan Maba di UHO itu menggunakan beberapa jalur. Selain jalur SBMPTN, para calon Maba juga bisa menggunakan jalur SNMPTN dan jalur mandiri yang dibuka khusus oleh setiap institusi dengan berbagai ketentuan yang ditetapkan oleh PTN tersebut,” imbuhnya.

Seluruh calon Maba yang memilih jalur SBMPTN untuk masuk di PTN, bisa melakukan registrasi akun LTMPT pada 7 Februari-5 April 2020, kemudian melakukan pendaftaran UTBK pada 30 Maret-11 April 2020, pelaksanaan UTBK 20-26 April 2020, pengumuman hasil UTBK 12 Mei 2020. “Para peserta harus mengingat tanggal penting ini, sebab waktu ini merupakan jadwal dari proses UTBK sesuai dengan ketentuan oleh lembaga penerimaan Maba se Indonesia,” pungkas La Hamimu. (idh/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy