Peringati HAB ke-74, Abu Hasan Ajak Jaga Toleransi : Gusli Imbau Perkuat Kerukunan

“Kemenag hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama untuk itu harus bisa mengawal dan mengembangkan peran strategis secara kontekstual di tengah masyarakat. Kementerian agama membangun jiwa manusia sebagai landasan terbentuknya mental bernegara,” ujarnya.

Selama tujuh dekade perjalanan sejarah, Kemenag banyak perubahan dan kemajuan yang dicapai dalam spektrum tugas yang begitu luas seperti dalam fungsi bimbingan masyarakat beragama, pelayanan nikah, pembinaan pengelolaaan zakat dan wakaf serta dana sosial keagamaan lainnya, penyelenggara ibadah haji, pendidikan agama dan keagamaan disemua jenjang penelitian.

“Seiring dengan agenda reformasi birokrasi restrukturisasi dan penyederhanaan birokrasi, kita semua dituntu untuk terus beradaptasi dengan tuntutan perubahan dan percepatan pelayanan publik yang mengedepankan prinsip efisiensi, transparanasi dan akuntabilitas serta bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme,” tandasnya.

Wabup Konawe, Gusli Topan Sabara mengimbau kerukunan antar umat beragama merupakan modal besar dalam membangun negara dan menjaga integrasi nasional. Sebab itu, kerangka interaksi bernama pluralisme, patutnya terjalin dengan harmonis dan kerukunan diperkuat. Sikap menghormati dan toleransi mesti dijunjung tinggi tanpa harus menimbulkan konflik asimilasi antar pemeluk agama yang berbeda keyakinan.

Facebooktwittermail

Laman: 1 2 3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.