Pengelolaan TPI Wameo Ditata Ulang – Kendari Pos
Bau-bau

Pengelolaan TPI Wameo Ditata Ulang

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Perikanan Kota Baubau mulai melakukan perbaikan pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Wameo. Penarikan retribusi mesin cold storage TPI yang sempat semrawut ditata ulang. Untuk mencegah praktek pungli, pemerintah memberlakukan transaksi non tunai.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perikanan Kota Baubau, Siti Munawar mengatakan bocornya retribusi PAD dari biaya mesin col storage hingga ditemukanya kerugiaan negara menjadi pembelajaran. “Sistem pembayaran non tunai adalah langkah aman agar tidak terjadi persoalan seperti yang kemarin. Sehingga uangnya (pembayaran retribusi col storage,red) tidak lagi kita pegang, tetapi langsung masuk ke kas daerah,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya Senin (27/1).

Dalam pemanfaatan pembayaran sistem non tunai pihaknya bersama tim dari Inspektorat, Badan Pengelolaan Keuangan Aset dan Pendapatan Daerah (BPKAPD) Kota Baubau bersama-sama melakukan pengawasan. Ditambah dengan penujukan kepala UPTD yang bertugas melakukan pengawasan secara langsung. “Penarikan retribusi col storage dilakukan masih berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) tahun 2011. Yaitu Rp 1.500 untuk perkilo (ikan),” ucapnya.

Jumlah mesin col storage yang ada di TPI Wameo ada empat. Kemudian untuk gudang pendingin atau penyimpanan sebanyak dua tempat. Satu mesin col strorage maksimal dapat membekukan ikan sampai dengan 10 ton perhari. Sementara untuk kapasitas satu tempat penyimpanan ikan dapat menampung sampai 100 ton.”Kalau dihari-hari biasa ikan yang masuk kisaran sampai lima ton perhari. Sementara saat musim ikan, perharinya bisa sampai 10 ton hingga lebih,” kata wanita berhijab itu.

Saat ini, pemanfaatan mesin col storage belum dilakukan. Namun sejumlah persiapan untuk perbaikan pengelolaan TPI Wameo mulai dan terus dilakukan. “Insya Allah dalam satu dua hari ini mesin col storage sudah kita manfaatkan. Saat mesin digunakan, maka otomatis pembayaran retribusi non tunai juga langsung berlaku. Jadi pembekuan ikan bisa dilakukan kalau sudah membayar retribusi dengan memperlihatkan nota trasfern ke rekening daerah,” pungkasnya. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy