Pemkab Buteng Berlakukan Pemotongan Pajak 10 Persen – Kendari Pos
Buton Tengah

Pemkab Buteng Berlakukan Pemotongan Pajak 10 Persen

Kepala Bapenda Buteng, Lukman (tengah) didampangi kepala Inspektorat Buteng, Sikamang
(kanan) saat mendatangi dan menemui Pemilik Warkop Garasi, Ica (kiri) dalam rangka penetapan iuran pajak kemarin

KENDARIPOS.CO.ID — Guna mendongkrak penerimaan daerah lewat sektor pajak, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) mulai memberlakukan iuran pajak 10 persen. Untuk tahap awal, hanya pelaku usaha di wilayah Kecamatan Lakudo yang dilakukan pemasangan alat perekam pajak. Namun kedepan, Pemda akan menjaring tempat usaha di kecamatan lain. Pada pemasangan perdana, Pemda memasang alat tapping box ini di 10 rumah makan dan 3 hotel.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Buteng, Lukman mengatakan iuran pajak bagi rumah makan dan hotel di Buteng mulai dimasifkan. Alat perekaman pajak ini tidak hanya bisa bagian dari upaya meningkatkan Pendapat Asli Daerah (PAD), namun juga memutus rantai praktek pungli. Pasalnya, iuran pajak akan langsung terpotong setiap melakukan transaksi. Agar program ini efektif, pihak telah menyiapkan petugas pengawas. Setiap saat, petugas akan turun melakukan pengawasan.

“Iya, ada anggota kami yang akan datang mengawasi. Sekaligus kami juga di bantu oleh jajaran Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP-Damkar) agar pelaksanaan iuran pajak bisa berjalan sesuai harapan kami semua,” ujar Kepala Bapenda Buteng, Lukman saat mendatangi warkop Garasi kemarin.

Pemilik rumah makan maupun hotel kata dia, wajib menerapkan pembayaran pajak bagi pengunjung. Jika tidak, tentunya akan berimbas pada sanksi. Yang terburuk, tempat usahanya bakal ditutup. Apalagi penerapan sistem merupakan tindaklanjuti MOU dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Iya, tinggal kita laporkan warung makan atau hotel yang tidak mau memberlakukan iuran pajak. Yang jelas kita akan tindaki. jadi, iuran pajak ini tidak perlu di persoalakan karena harga pajak sesuai ketentuannya,”tandas Lukman.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy