Pemerintah Harus Optimalkan Peran OJK – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Pemerintah Harus Optimalkan Peran OJK

OJK Sultra melakukan edukasi keuangan kepada para kepala desa, lurah, dan camat se-Kabupaten Buton pada 1 Agustus 2019 lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Kasus yang menjerat sejumlah perusahaan milik negara saat ini, berdampak pada desakan pembubaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Lembaga independen itu dinilai telah gagal menjalankan kinerja fungsi pengawasan sehingga menyebabkan negara menderita kerugian yang tidak sedikit.

Kepala OJK Sultra, Mohammad Fredly Nasution yang ditemui di ruang kerjanya Senin (27/1), memberikan tanggapan terkait persoalan tersebut. Menurutnya, OJK termasuk OJK Sultra telah berbuat cukup banyak sejak kelahirannya. Salah satunya yakni melakukan edukasi dan perlindungan terhadap konsumen sektor jasa keuangan. Upaya itu dilakukan melalui peningkatan literasi keuangan masyarakat.

“Tingkat literasi sangat berpengaruh terhadap pemahaman terkait investasi-investasi ilegal. Demikian juga terhadap produk-produk yang ditawarkan oleh lembaga jasa keuangan,” tutur Fredly, kemarin.

Selain itu, OJK telah melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap industri sehingga dapat meningkatkan tata kelola perusahaan, melakukan operasional dengan mengedepankan prinsip kehati-hatian, dan selalu patuh pada peraturan yang berlaku. OJK, terangnya, sudah berbuat sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya yang meliputi pengawasan, edukasi, perlindungan konsumen, termasuk berkoordinasi dengan stakeholder lainnya untuk meningkatkan akses keuangan masyarakat melalui TPAKD. “Cukup banyaklah yang kita perbuat dalam usia yang relatif masih muda. OJK Sultra sendiri baru enam tahun terbentuk,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, salah satu kontribusi OJK bersama pihak-pihak terkait lainnya dapat dilihat dari pencapaian target indeks inklusi dan literasi keuangan yang melampaui target nasional pada tahun 2019. Di Sultra, indeks literasi keuangan mencapai 36,75 persen melebihi target nasional 35 persen. Adapun indeks inklusi keuangan mencapai 75,07 persen di mana target nasional hanya 75 persen. “Kami tentu tidak menampik bahwa ada hal-hal yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan agar lembaga OJK semakin kuat,” akunya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy