Pemerataan Tenaga Pendidik, Dikbud Sultra Siapkan Program Mutasi Guru – Kendari Pos
Edukasi

Pemerataan Tenaga Pendidik, Dikbud Sultra Siapkan Program Mutasi Guru

KENDARIPOS.CO.ID — Guna memberikan peningkatan kulitas dan kapasitas para siswa pada jenjang SMA/SMK/SLB, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra akan melakukan program mutasi guru. Kebijakan tersebut bertujuan untuk memenuhi sekolah yang kekurangan guru tertentu yang secara otomatis akan meningkatakan Kualitas dan kapasitas keilmuan siswa menjadi lebih baik.

Plt Kepala Dikbud Sultra, Asrun Lio mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan mutasi guru-guru di SMA. Mutasi para guru ini dilakukan untuk mendekatkan mereka dengan sekolahnya serta bermaksud memeratakan para tenaga pendidik sesuai dengan kebutuhan sekolah.

“Kita rencanakan di tahun 2020 ini kita akan berlakukan hal tersebut. Jadi sekarang yang dilakukan oleh Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) adalah mendata guru-guru pada setiap sekolah. Pendataanya sendiri sudah berjalan dari tahun kemarin. Untuk sekarang tugas kita adalah melakukan mutasi sesuai dengan kebutuhan suatu sekolah dengan mempertimbangkan jarak serta jam belajar suatu sekolah,” ungkapnya, Senin (6/1).

Salah seorang guru SMAN 2 Kendari, tampak menyerahkan vocher buku kepada siswanya, beberapa waktu lalu.

Selain melakukan rotasi dan mutasi terhadap guru, Dikbud Sultra juga memikirkan tentang jarak tempat tinggal guru dengan sekolah tempat ia mengajar. Untuk program seperti ini sudah pernah dilakukan di Makassar tetapi baru guru SD dan SMP. Untuk itu pada tahun ini pihaknya berencana melakan hal tersebut. “Dalam mutasi yang akan dilakukan ini, kita melihat sekolah mana yang memiliki guru lebih untuk dipindahkan ke sekolah lain yang masih kekurangan guru, tetapi kita akan memilih guru yang tempat tinggalnya dekat dengan sekolah yang kurang gurunya itu,” jelasnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy