Pembangunan Pasar Wameo Baubau Tahap I Rampung – Kendari Pos
Bau-bau

Pembangunan Pasar Wameo Baubau Tahap I Rampung

Wakil Walikota Baubau, La Ode Ahmad Monianse (dua dari kanan) berbincang dengan Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari (kanan) saat meninjau Pasar Wameo, Rabu (8/1). Tampak Sekretaris Daerah Kota Baubau, Roni Muhtar (kiri) dan Wakil Ketua II DPRD Kota Baubau, Kamil Adi Karim (pakai kopiah)

KENDARIPOS.CO.ID — Renovasi Pasar Wameo tahap I telah tuntas. Gedung los penjualan ikan yang dulu semrawut kini terlihat lebih tertata. Proyek rehabilitasi pasar ini menelan anggaran sebesar Rp 1,15 miliar. Dananya bersumber dari APBD Kota Baubau. Tahun ini, proyek pembangunan Pasar Wameo kembali akan dilanjutkan.

Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse cukup puas dengan kondisi bangunan Pasar Wameo. Menurutnya, gedung los penjualan ikan sangat layak. Hanya saja, ia mengingatkan agar pengelola tetap memperioritaskan pedagang lama.

“Seperti yang kita lihat hari ini, tempat penjualan ikan Pasar Wameo yang baru saja dibangun telah tuntas. Saya minta agar seluruh penjual ikan yang awalnya berjualan di sini kembali mendapatkan lapak baru. Kalau masih ada lapak yang tersisa, barulah bisa diberikan pada pejual baru,” kata Wakil Walikota Baubau, La Ode Ahmad Monianse saat meninjau Pasar Wameo bersama jajaran pejabat Pemkot Baubau, Polres dan DPRD setempat, Rabu (8/1)

Saat dikerjakan, bangunan tempat menjual ikan Pasar Wameo dikosongkan karena perbaikan dilakukan secara utuh mulai dari lantai, lapak penjualan hingga rangka dan atapnya. Para pedagang berjualan di luar pasar dengan memanfaatkan bahu jalan. Akibatnya sepajang jalan sekitar wilayah Pasar Wameo dipenuhi penjual ikan dan kerap membuat macet. “Kalau sudah difungsikan, maka seluruh pedagang ikan harus kembali menjual di dalam. Tidak ada lagi yang menjual dibahu jalan,” ungkap Ketua DPC PDIP Kota Baubau itu.

Renovasi tempat penjualan ikan Pasar Wameo belum sepenuhnya dilakukan. Dari keseluruhan bangunan, hanya sebagian yang direhab. Sisanya, Pemkot Baubau akan kembali melanjutkan perbaikan tahun ini. “Jadi yang dibangun kemarin hanya satu petak saja. Separuhnya lagi belum dibangun karena kondisi anggaran. Perbaikan kita lakukan secara bertahap,” tandasnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy