Pasca Panen, Harga Beras di Sultra Melonjak – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Pasca Panen, Harga Beras di Sultra Melonjak

KENDARIPOS.CO.ID — Belum lama ini, sebagian besar petani di Sultra melaksanakan panen raya. Berdasarkan informasi yang peroleh dari Perum Bulog Sultra, pada Desember lalu, petani di Bumi Anoa sukses menghasilkan sekitar 9.000 ton beras dengan total sebanyak 18.000 ton selama 2019.

Wakil Gubernur Sultra, H. Lukman Abunawas (kanan) saat mengecek perkembangan harga beras di Pasar Basah Mandonga belum lama ini.

Meski jumlahnya cukup melimpah, rupanya tidak sebanding dengan penentuan harganya dipasaran. Buktinya, masih banyak masyarakat yang mengeluhkan harga beras yang saat ini mahal harganya.

Runi (50), seorang pembeli di Pasar Basah Mandonga ini terkejut setelah mengetahui harga beras yang biasa dia beli dengan harga murah, tiba-tiba menjadi mahal. “Saya suka beli beras merek mawar. Biasanya harganya hanya Rp 240 ribu per 25 Kg. Sekarang sudah Rp 270 ribu per Kg,” ungkapnya, kemarin.

Hal senada diungkapkan Musdar (47) yang juga pembeli di pasar itu. Menurutnya harga beras saat ini naik harganya. “Biasanya saya beli beras hanya Rp 8 ribu per liter, sekarang sudah Rp 10 ribu – Rp 11 ribu per liter,” bebernya.

Atas dasar itu, Kendari Pos melakukan pemantaun harga di pasar tersebut. Hasilnya, harga beras menunjukkan adanya kenaikan. Seperti Beras L(premium) yang biasanya hanya dibanderol pedagang hanya Rp 11ribu per Kg (berpatokan harga Disperindag), kini naik menjadi Rp 13 ribu per Kg. Kemudian harga Beras Mawar/Konawe (medium atas) dari Rp 9 ribu menjadi Rp 11 ribu serta Beras Dolog yang sebelumnya hanya Rp 8 ribu, kini sudah dihargai pedagang sebesar Rp 9 ribu per Kg.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy