Pantai Kampa : Daratan Istimewa, Bawah Laut Indah – Kendari Pos
Nasional

Pantai Kampa : Daratan Istimewa, Bawah Laut Indah

Wabup Konkep, Andi Muhamad Lutfi, bersama Kepala OPD, saat berenang di Pantai Kampa.

KENDARIPOS.CO.ID — Pulau Wawonii, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) dibuat dengan penuh cinta. Keindahan alam daerah itu begitu memukau, macam kepingan surga yang jatuh di sana. Pulau Wawonii mempunyai sebuah destinasi wisata dengan bentangan bibir pantai 3 kilometer, dibalut hamparan pasir putih lembut. Namanya Pantai Kampa. Terletak di Desa Wawobili, Kecamatan Wawonii Barat, hanya berjarak 5 kilometer dari Kecamatan Langara, ibukota kabupaten. Dari Kota Kendari, naik kapal feri dengan harga tiket Rp 30 ribu. Alternatif lain, kapal rakyat juga melayani rute Kendari -Langara seharga Rp 40 ribu.

Dari Langara, tarif transportasi darat menuju Kampa seharga Rp 50 ribu. Selama perjalanan menuju Pantai Kampa, melalui perkampungan bajo serta hutan yang masih alami. Air laut pantai itu jernih dan tenang. Jejeran pohon kelapa sepanjangan garis pantai membuat Kampa istimewa. Terlebih sebelah barat pantai, pengunjung bisa menikmati keindahan tebing-tebing terjal. Sisi timur, pegunungan Wawongkeu yang tinggi menjulang.

Kampa memiliki terumbu karang yang tumbuh sehat secara. Keindahan bawah lautnya seperti surga dunia. Debur ombak yang ringan, Kampa tepat dijadikan area diving atau snorkeling. Aneka ragam biota laut, yang salah satunya adalah Ikan Dugong, berkembang sangat baik di kawasan ini. Pemerintah setempat membangun fasilitasi wisata.

Di antaranya, tempat penginapan, hotel, villa, restoran, warung makan, musala dan sarana pendukung lainnya. Tarif masuk Kampa Rp 5 ribu untuk orang dewasa dan Rp 2 ribu untuk anak-anak sekali masuk. “Panoramanya sangat bagus. Pantai Kampa memang sangat cocok dijadikan sebagai tempat rekreasi akhir pekan. Keindahan lautnya yang jernih dan punya daya tarik tersendiri,” ujar Husain, saat berkinjung dan menikmati keindahan Pantai Kampa, kemarin.

Selain wisatawan lokal dan asing, mantan Menteri Pertanian Amran Sulaiman, mantan anggota DPR RI Umar Arsal juga pernah berkunjung di Pantai Kampa. (san/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy