Panggung Spektakuler Festival Konasara – Kendari Pos
Nasional

Panggung Spektakuler Festival Konasara

KENDARIPOS.CO.ID — Perayaan Hari Ulang Tahun ke-13 Kabupaten Konawe Utara (Konut) berlangsung spektakuler, Kamis 2 Januari 2020. HUT dikemas dalam festival Konasara. Rangkaian acaranya dimulai 31 Desember 2019, sekaligus menyambut tahun baru 2020.

Ribuan masyarakat Konut, kabupaten terdekat hingga warga Kota Kendari berjubel dalam acara tahun baru 2020. Masyarakat disuguhkan lantunan doa dan zikir menyambut tahun baru 2020.

Panitia juga menyuguhkan hiburan rakyat dengan menampikan 12 artis ibu kota. Mereka tampil sejak 31 Desember hingga punyak HUT ke-13 Konut,Kamis kemarin. Saban malam hingga pelataran kantor Bupati Konut penuh sesak oleh masyarakat yang menyaksikan hiburan dari artis ibu kota. Saking sesaknya, nyaris tak ada ruang untuk bergerak. Orang tua, anak muda, remaja hingga anak-anak bertumpuk hingga di pagar pembatas.

“Festival Konasara ini dibuat untuk masyarakat Konut. Pemutaran video pembangunan kaleidoskop untuk memberikan gambaran yang telah dikerjakan oleh pemerintah daerah. Mulai pembangunan sarana dan prasarana, hingga pembangunan Huntara pasca banjir. Kegiatan ini pada intinya untuk masyarakat Konut,”ujar Bupati Konut, Dr.Ruksamin dalam sambutannya.

Kemeriahan juga ditampilkan, Kamis kemarin. Ratusan masyarakat dan OPD Pemkab Konut menampilkan pawai budaya dan kaleidoskop hasil pembangunan Pemkab Konut dalam kendali Bupati Dr.Ruksamin.

Spektakulernya HUT Konut semakin lengkap dengan hadirnya para pejabat seperti Wakil Gubernur Sultra, Dr.Lukman Abunawas, Anggota DPR RI, Muh.Rapsel Ali, Kapolda Sultra, Brigjen Pol Merdisyam, Danrem 143 HO Kolonel Inf Yustinus Nono Yulianto, Danlanal Kolonel Laut (P) I Putu Darjatna, dan Danlanud Kolonel Pnb Muzafar. Selain itu, Asisten Deputi Penanggulangan Pasca Bencana Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI, Nelson Harahap, Kepala Kantor SAR Kendari, Djunaidi.

Ditenda Very Important Person (VIP) terlihat Bupati Konut, Dr.Ruksamin semringah. Rasa bangga bersemayam dalam dirinya.
Terlebih lagi, hasil pembangunan Bupati Konut, Dr.Ruksamin disanjung Wakil Gubernur (Wagub), Dr. Lukman Abunawas.

Kesuksesan Dr.Ruksamin membangun daerah membuat Wakil Gubernur Sultra, Dr. Lukman Abunawas berdecak kagum. Kekaguman itu muncul setelah melihat geliat pembangunan dan percepatan pertumbuhan ekonomi yang melaju pesat di Konut.

Lukman Abunawas menobatkan Kabupaten Konut dalam kendali Bupati Ruksamin menjadi lumbung ekonomi di Sultra.
“Potensi pertumbuhan ekonomi di Sultra dari 17 kabupaten/kota. Untuk wilayah daratan, Konut merupakan lumbung pertumbuhan ekonomi dari empat sektor yang menjadi andalan Sultra,”ujar Lukman Abunawas dihadapan ribuan masyarakat Konut dalam Festival Konasara di Kabupaten Konut, Rabu (1/1) malam.

Mantan Bupati Konawe 2 periode itu menuturkan sektor memacu pertumbuhan ekonomi di Konut mencakup sektor pertanian arti luas, ketahanan pangan, perkebunan maupun peternakan.

Sehingga Konut merupakan daerah penyangga utama pertumbuhan ekonomi dalam arti luas. “Kebun kelapa sawit terluas berada di Konut. Ini juga akan menjadi pemasok ekonomi di Sultra,” sambungnya.

Dari sisi sektor kelautan dan perikanan juga menjadi andalan utama Konut yang berimplikasi terhadap peningkatan ekonomi di Sultra. Sebab potensi pengembangan perikanan Konut yang luas menjadi penyumbang ekonomi untuk mendapatkan kesejahteraan secara totalitas.

“Dari sektor ESDM, Konut merupakan daerah yang memiliki lokasi pertambangan nikel yang luas dan menjadi andalan Sultra dalam mendongkrak PAD. Tentu pengembangan ini akan bermuara pada pendapatan ekonomi Sultra,”ungkap mantan Sekprov Sultra itu.

Dari sisi potensi pariwisata, Konut juga tak kalah dengan beberapa objek wisata yang menjadi andalan Sultra pada umumnya, seperti Wakatobi. Konut punya destinasi wisata miniatur Raja Ampat, yakni Pulau Labengki. Saat ini sudah masuk dalam perencanaan pariwisata nasional. Ini juga akan menjadi lokasi pengembangan pariwisata yang ada di Konut untuk memperoleh nilai jual yang lebih baik.

“Dengan potensi yang dimiliki Konut yang berlimpah. Konawe Utara sejahtera dan berdaya saing dapat kita wujudkan secara bersama demi kemakmuran masyarakat Konut dan Sultra pada umumnya,” pungkasnya.

Malam puncak HUT ke-13 Konut, ribuan masyarakat memadati lokasi Festival Konasara yang dipusatkan dilapangan kantor bupati, Kelurahan Wanggudu, Kecamatan Asera. Undangan dari tamu kementrian, Polda Sultra, TNI, pelaku usaha dan seluruh elemen masyarakat turut hadir.

Ribuan masyarakat Konut dan daerah lain memadati Festival Konasara. Mereka menyaksikan penampilan artis ibu kota yang mengguncang panggung spektakuler Festival Konasara dalam rangka HUT ke-13 Konut.

Sebelumnya, Sekab Konut, dr.Martaya berharap dan berdoa agar diusia 13 tahun Kabupaten Konut ini, pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat terus bertambah maju dan tambah hebat. Tentu, semua itu tidak lepas dari dukungan masyarakat dalam mendukung pemerintah daerah untuk mewujudkan Konut yang sejahtera, beradab dan berdaya saing sesuai spirit Konasara yang digaungkan Bupati Konut, Dr.Ruksamin.

“Dibutuhkan peran aktif masyarakat dalam mewujudkan cita-cita Pemkab Konut. Tentu dengan mengambil hikmah ditahun 2019, sesuatu yang buruk di tahun 2019 untuk ditinggalkan. Dan yang baik diteruskan dan dilanjutkan untuk kemakmuran masyarakat Konut,”pungkas Martaya. (min/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy