PAD Pariwisata Rp 1,1 Miliar, Bokori dan Sapta Pesona Sumbang Terbanyak – Kendari Pos
Metro Kendari

PAD Pariwisata Rp 1,1 Miliar, Bokori dan Sapta Pesona Sumbang Terbanyak

KENDARIPOS.CO.ID — Sumbangan pendapatan daerah dari sektor pariwisata Sultra melebihi target. Pendapatan mencapai Rp 1,1 triliun tahun 2019 lalu, jumlah itu lebih tinggi dari target yang hanya Rp 966 juta. Plt. Kepala Dinas Pariwisata Sultra, I Gusti Panca mengatakan tahun ini lembaganya bisa mencapai pendapatan asli daerah (PAD) lebih dari target yang diberikan. Dari Rp 1,1 miliar PAD, kata dia, perolehan terbanyak dari wisata Pantai Bokori dan sewa gedung sapta pesona.

Meski belum ditetapkan target tahun 2020 ini, namun ia mengatakan kemungkinan target itu akan lebih dari tahun lalu. “Mungkin bisa lebih. Karena ini akan dievaluasi berapa capaian kita. Dengan peningkatan itu, kemungkinan target akan ditambah,”terangnya. Panca menambahkan kedepan ia berupaya agar sektor pariwisata mampu menyumbangkan PAD jauh lebih tinggi. Upaya ini bukan hanya tugas lembaganya, tetapi seluruh OPD diharapkan dapat berkontribusi membantu membangun pariwisata dan citra pariwisata.

“Kami juga akan mengeksplore pariwisata tentu dengan promosi. Jadi kita juga akan membuat dokumen tentang profile destinasi. Setiap destinasi wisata kita harus punya promosion tool. Kalau sudah ada promosion tool kita akan dengan mudah promosi keluar,”katanya. Sementara itu, Kepala Balitbang Sultra, Sukanto Toding mendukung pengembangan pariwisata di Sultra. “Saya lihat sejauh ini potensi pariwisata kita terus mengalami peningkatan, walaupun perlahan tetapi pasti. Kami dari Kelitbangan bila memang diminta membantu dalam promosi kami juga sangat siap membantu,”kata Sukanto. (rah/b)

1 Comment

1 Comment

  1. ALIF

    26 Feb 20 18:46 at 18:46

    Selamat malam, saya ingin bertanya tentang sumbangan sektor pariwisata terhadap PAD 2019, pada artikel yang benar 1,1 Triliun atau Miliar ??

    terima kasih

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy