Optimalkan Program Pengembangan Kakao, Nur Rahman Gandeng Praktisi dan Profesional – Kendari Pos
Kolaka Utara

Optimalkan Program Pengembangan Kakao, Nur Rahman Gandeng Praktisi dan Profesional

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Kolaka Utara (Kolut), Nur Rahman Umar cukup piawai dalam menggolkan visinya mengembalikan kejayaan kakao daerahnya. Tidak hanya melalui program peremajaan, bantuan dan pendampingan, orang nomor satu di Bumi Patowonua ini turut merangkul berbagai stake holder termasuk membentuk Asosiasi Cacao Doktor (ACD). Apalagi daerahnya telah ditetapkan sebagai “mayor project” berbasis koorporasi dari pemerintah pusat. Yang menarik, anggota ACD adalah praktisi dan profesional memiliki keahlian di bidang tanaman kakao.

Selasa (14/1), Nur Rahman Umar melantik pengurus ACD di aula Hotel Berlian, Lasusua. Taufik Haddi didaulat sebagai Ketua Umum (Ketum) didampingi Sekertaris Umum (Sekum)-nya, Kamrijal periode 2020-2023. Nantinya ACD akan terlibat langsung dalam program peremajaan kakao melalui tahapan pendampingan, perawatan, pemangkasan, pemupukan hingga penyortiran biji kakao sebelum dipasarkan.

Nur Rahman

Nur Rahman Umar mengaku bangga atas keterlibatan kalangan praktisi dan profesional. Dukungan ini akan sangat membantu pemerintah mengembalikan kejayaan kakao di Bumi Patowonua itu. “Keterlibatan semua pihak di lapangan akan sangatlah berarti. Sentuhan-sentuhan kalian (ACD) bisa membangkitkan semangat dan memotivasi petani,” ucap bupati.

Dalam program peremajaan kakao, pasangan H Abbas ini berusaha melibatkan semua kalangan baik di lokal daerah, provinsi dan pusat. Sejauh ini, responnya cukup positif. Bahkan pemerintah pusat telah menetapkan Kolut sebagai “mayor project” berbasis koorporasi. “Program ini tentunya tidaklah bisa berjalan dengan sendirinya tanpa dukungan semua pihak. Jadi, ini bukan sekedar meningkatkan produksi namun bagaimana meningkatkan kesejahteraan petani. Selamat bagi pengurus baru, mari kita bekerja bersama untuk petani kita,” pungkasnya. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy