Nomenklatur Sekolah Bakal Diseragamkan – Kendari Pos
Edukasi

Nomenklatur Sekolah Bakal Diseragamkan

KENDARIPOS.CO.ID — Mulai tahun ini, nomenklatur sekolah di Buton akan diseragamkan. Selama ini, nama sekolah di daerah induk kepulauan buton itu selalu berdasarkan lokasi desa ataupun kecamatan tempat berdirinya sekolah. Sehingga ada nama SMP Negeri 1 Pasarwajo, SMP Negeri 1 Kapontori dan sebagainya. Nah, Pemkab sudah mengeluarkan kebijakan baru untuk menyeragamkan nama sekolah itu.

Kepala Dinas Pendidikan Buton, Harmin Zamilu mengatakan proses perubahan itu saat ini tengah berjalan. Pihaknya tengah mendata sekolah berdasarkan urutan tahun berdirinya. “Itu nanti berubah semua. Bunyinya seperti ini, SMP Negeri 1 Buton, SMP Negeri 2 Buton. Tidak ada lagi SD ataupun SMP merujuk sama nama desanya. Semuanya nama kabupaten,” jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Buton, Harmin Zamilu.

Disebutkannya, jumlah Sekolah Dasar di Buton sebanyak 119 sekolah. Sementara Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 49 sekolah, satu diantaranya berbendera swasta. “Jadi setelah semuanya diubah, itu SD akan ada SDN 119 Buton dan SMPN 48 Buton. Kalau ada yang akan dibangun baru itu langsung menyesuaikan,” tambahnya.

Penyeragaman nomenklatur sekolah sambungnya, akan sangat banyak manfaatnya. Selain mudah dalam penertiban administrasi juga akan menegaskan identitas sekolah itu berasal. “Pemerintah pusat pun mudah mendeteksi, ini sekolah darimana, kemudian dari segi promosi sekolah juga akan lebih mudah. Misalnya anak-anak ikut lomba atau sejenisnya,” lanjutnya. Untuk diketahui, Bupati Buton La Bakry sudah mengumumkan instruksi penerapan kebijakan itu sejak 1 Januari lalu. Sekolah diminta mempercepat langkah-langkah perubahan nomeklatur itu. Agar semua sekolah bisa berubah tahun ini. (c/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy