Kurangi Risiko Penyakit dengan Bersepeda – Laman 2 – Kendari Pos
Kesehatan

Kurangi Risiko Penyakit dengan Bersepeda

Menurutnya, bersepeda memiliki segudang manfaat kesehatan. Mulai dari kesehatan jantung hingga kebugaran tubuh. Rutin bersepeda dapat menurunkan risiko penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan stroke. Sebuah studi menunjukkan, bersepeda sekira 32 kilometer per minggu dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 50 persen, dibandingkan dengan mereka yang tidak bersepeda. Sementara itu, bersepeda 30 menit per hari yang dikombinasikan dengan membatasi asupan kalori akan mendapat hasil setara dengan mengikuti kelas aerobik tiga kali seminggu.

Tak hanya itu, aktivitas bersepeda selama 2-3 jam seminggu membantu mencegah kenaikan berat badan. Bila tergolong kelebihan berat badan, mulailah bersepeda secara rutin. Lakukan rutinitas mendayung sepeda paling tidak 30 menit per hari. Kamu bisa memulainya di medan datar untuk 3-4 minggu pertama.

Secara bertahap, tingkatkan juga intensitas bersepeda serta level kesulitan medan. Jalan yang berbukit bisa menjadi bentuk latihan yang cocok. Agar olahraga ini menjadi kian menyenangkan, bisa berbagi kesenangan dengan bersepeda bersama teman-teman atau komunitas sepeda. Bersepeda secara berkelompok dapat membuat jarak yang jauh menjadi terasa dekat sekaligus menambah motivasimu untuk menjadi pesepeda yang lebih baik. (*)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy