KPU Muna Teliti 485 Berkas Calon PPK – Kendari Pos
Politik

KPU Muna Teliti 485 Berkas Calon PPK

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna menerima 485 lamaran peserta calon anggota panitia pemilihan kecamatan hingga hari terakhir pendaftaran pada pekan lalu. KPU selanjutnya akan melakukan penelitian administrasi selama dua hari. Pemeriksaan berkas dilakukan untuk memastikan keabsahan dokumen dan tidak adanya afiliasi politik setiap peserta. Proses tersebut ikut dipantau Badan Pengawas Pemilu setempat.

Ketua KPU Muna, Kubais, merinci, jumlah pendaftar calon anggota PPK terdiri dari 319 pria dan 166 wanita. Jumlah itu bervariasi setiap kecamatan dengan peserta terbanyak berasal dari Katobu dengan 54 orang dan paling sedikit dari Batukara berjumlah 11 orang. Dengan begitu, KPU Muna sudah memenuhi jumlah peserta minimal calon anggota PPK dan tidak perlu dilakukan perpanjangan masa pendaftaran. “Semua memenuhi kuota minimal 10 pendaftar,” jelasnya, kemarin.

Calon anggota PPK selanjutnya akan ditelaah baik dokumen kependudukan dan pernyataan tertulis tidak termasuk dalam kegiatan politik praktis baik sebagai tim pemenangan salah satu figur atau sebagai anggota partai politik selama lebih kurang lima tahun terakhir. KPU akan mencocokkan data itu dengan yang tertera dalam sistem informasi partai politik. “Kami betul-betul memproteksi PPK dari unsur politis. Hasil pemeriksaan berkas akan diumumkan dan mendapat tanggapan masyarakat agar pencegahan unsur politik ini melibatkan publik,” tandas Kubais.

Ketua Bawaslu Muna, Al Abzal Naim menyebut lembaganya sudah melakukan pemetaan kerawanan dalam proses penerimaan anggota PPK KPU Muna. Satu diantaranya adalah kemungkinan adanya anggota Ad Hoc yang memiliki pertautan dengan partai politik. “Kami terus memantau dan memastikan proses itu murni dan bebas politik. Tujuannya agar seluruh unsur penyelenggara memiliki integritas,” imbuhnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy