Klaim Telah Bayar Ganti Rugi, Pemkab Kolaka Imbau Warga Jalan Cakalang Kosongkan Lahan – Kendari Pos
Kolaka

Klaim Telah Bayar Ganti Rugi, Pemkab Kolaka Imbau Warga Jalan Cakalang Kosongkan Lahan

Kondisi Jalan Cakalang yang akan diperluas. Warga yang terkena dampak diminta untuk segera meninggalkan rumahnya karena proses ganti rugi telah tuntas dan pengerjaan jalan akan segera dimulai.

KENDARIPOS.CO.ID — Warga Jalan Cakalang Kelurahan Dawi-dawi, Kecamatan Pomalaa yang terkena dampak pelebaran jalan harus bersiap-siap merelokasi barangnya. Dalam waktu dekat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka sudah akan melakukan perluasan jalan di lokasi tersebut.

Asisten I Setda Kolaka Bidang Pemerintahan dan Kesra, Muhammad Bakri mengungkapkan, di Jalan Cakalang terdapat sekitar 180 kepala keluarga (KK) atau rumah yang terkena dampak pelebaran jalan tersebut. Pemda telah memberikan ganti rugi kepada seluruh kepala kelurga yang terkena dampak tersebut. Untuk itu, dirinya mengingatkan para warga yang terkena dampak tersebut agar segera meninggalkan lokasinya karena pengerjaan jalan akan segera dimulai.

“Tanggal 25 Januari semua warga yang terkena dampak sudah harus meninggalkan lokasi tersebut karena Bulan Maret Pengerjaan sudah akan dimulai. Untuk ganti rugi lahan itu sudah tuntas sehingga tidak ada lagi alasan bagi warga untuk tidak mengosongkan lokasi tersebut,” ujarnya.

Selain ganti rugi, pemerintah juga menawarkan lahan relokasi. “Jadi waktu itu kami beri pilihan. Dibayar penuh dengan rumah dan lahannya atau hanya rumahnya saja yang diganti. Bagi warga yang rumahnya saja yang dibayarkan itu kami siapkan lahan. Sedangkan yang dibayar penuh itu mereka punya lahan sendiri dan itu semua sudah tuntas,” jelasnya.

Mantan Kadis Kehutanan Kolaka ini mengatakan pelebaran Jalan Cakalang tidak hanya bertujuan memudahkan akses jalan, namun juga untuk menata daerah tersebut. Dengan begitu, tidak lagi terjadi banjir dan tidak keliatan kumuh.

“Bukan hanya jalannya, drainase yang ada di Jalan Cakalang juga diperluas. Sehingga daerah tersebut juga dapat terbebas dari banjir dan tidak lagi keliatan kumuh. Dengan diperluasnya juga jalan tersebut maka akses dari Kolaka menuju bandara dan kampus juga lebih lancar. Olehnya itu, pada saat sosialisasi, tidak ada warga yang menolak untuk drelokasi karena mereka paham bahwa program tersebut juga untuk masyarakat,” tutur Bakri. (c/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy