Kinerja dan Motivasi Pengaruhi Peningkatan Kompetensi Guru – Kendari Pos
Edukasi

Kinerja dan Motivasi Pengaruhi Peningkatan Kompetensi Guru

Kasman (lima dari kiri) didampingi promotornya, Prof. Dr. H. Ibnu Hajar, M.Si (kiri) dan para penguji disertasi, usai mengikuti promosi terbuka Program Doktor Ilmu Manajemen Universitas Halu Oleo, Jumat (24/1) lalu di Aula PPs UHO.

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah melalui perjuangan yang panjang, Kasman, akhirnya berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru dan Motivasi Sebagai Variabel Mediasi pada Guru SMA Swasta di Sulawesi Tenggara” di hadapan para penguji sidang Promosi Program Doktor Prodi Ilmu Manajemen Univeristas Halu Oleo (UHO) yang berlangsung di Aula Pascasarjana UHO, Jumat (24/1).

Dalam paparan disertasinya, pria yang lahir di Kabupaten Muna ini, mengatakan bahwa kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi guru. Sedangkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap motivasi guru SMA Swasta di Sultra. Untuk kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMA Swasta di Sultra, serta adanya pemberian motivasi pada seorang guru juga turut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMA swasta di Sultra.

“Pemberian sertifikasi guru dapat mendorong guru untuk meningkatkan mutu dalam melaksanakan tugasnya, serta untuk memberikan motivasi untuk terus meningkatakan kompetensinya,” katanya, saat diwawancarai oleh Kendari Pos, usai sidang promosi doktornya, Jumat (24/1) lalu.

Kondisi sertifikasi guru di Indonesia, khususnya Sultra masih jauh dari harapan. Hal ini berdasarkan dengan hasil supervisi dan monitoring gabungan terhadap semua guru di Sultra, bahwa kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran, Pembimbingan dan tugas tambahan di SMA swasta di Sultra masih relatif rendah.

Menurut pria yang telah resmi bergelar doktor ini, pada era globalisasi yang ditandai dengan persaingan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), menuntut semua pihak dalam berbagai bidang untuk terus meningkatkan kompetensinya, termasuk pada bidang pendidikan. “Guru sebagai pendidik yang profesional mempunyai tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi,” katanya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy