Kepala BPPRD Kendari : Pajak Sumur Bor Hanya untuk Tempat Usaha – Kendari Pos
Metro Kendari

Kepala BPPRD Kendari : Pajak Sumur Bor Hanya untuk Tempat Usaha

KENDARIPOS.CO.ID — Sumur bor tempat-tempat usaha di Kota Kendari akan dikenakan pajak. Hal tersebut diatur dalam undang-undang nomor 28 tahun 2009 tentang pengenaan pajak air tanah. Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Kendari Sri Yusnita mengatakan, pemberlakuan pajak air tanah atau sumur bor hanya diberlakukan kepada tempat usaha. Selain undang-undang, pajak itu tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Kendari nomor 2 tahun 2011 tentang pajak daerah yang mengatur pajak air tanah.

“Pajak air tanah ini bukan dikenakan untuk rumah tangga. Tapi hanya dikenakan pada kegiatan komersil seperti hotel, depot air minum pencucian mobil dan usaha lain yang memakai sumur bor,” ujarnya. Katanya, pajak air tanah sebenarnya sudah berlaku sejak ditetapkan Perda nomor 2 tahun 2011 tentang pajak daerah. Sejak saat itu kegiatan komersil di Kendari yang menggunakan air tanah dikenakan pajak air tanah, tetapi belum berjalan dengan maksimal penerapannya.

“Penerapan pajak air tanah bertujuan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Kendari. Pasalnya, sektor tersebut kontribusi PAD-nya masih kecil. Penerapan ini direkomendasikan oleh KPK untuk lebih dioptimalkam mengingat banyaknya usaha kegiatan komersil di Kendari yang menggunakan air tanah, ” tutur Mantan Kadis PTSP Kota Kendari itu. (hel/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy