Kembali Maju Bertarung, 7 Bupati Tetap Harus Kerja Keras – Kendari Pos
Politik

Kembali Maju Bertarung, 7 Bupati Tetap Harus Kerja Keras

KENDARIPOS.CO.ID — Petahana di tujuh Pilkada di Sultra masih di atas angin. Para petahana masih dominan dari aspek finasial, basis massa, dukungan parpol (syarat dukungan terpenuhi), infrastruktur pemenangan (tim sukses) hingga “menguasai” birokrasi. Kendati begitu, petahana mesti kerja keras. Khusus di Pilkada Muna diprediksi bakal lebih dinamis. Kekuatan politik petahana LM. Rusman Emba akan benar-benar diuji. Penantangnya bukan saja LM Rajiun Tumada. Ada Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Syarifuddin Udu dan mantan Bupati Muna LM. Baharuddin. Ujian politik pertama ke empat figur tersebut ialah merebut dukungan partai.

Tak dapat disangkal, LM. Rusman Emba menjadi kandidat terkuat karena statusnya sebagai petahana. Rusman hampir memiliki seluruh infrastruktur politik mulai dari dukungan finansial, jaringan kekuasaan hingga basis massa. Kekuatan itu menjadi nilai tambah bagi petahana terhadap partai dalam menentukan dukungan. Dengan modal politik tersebut, petahana dipercaya lebih mudah mengonsolidasi kemenangan dibanding penantangnya. “Apalagi berdasarkan survei yang dilakukan Indikator Politik, kepuasan publik terhadap Pemda Muna mencapai 75 persen. Itu angka aman. Partai juga pasti memilih yang peluang menangnya besar dan juga komunikasinya bagus,” kata Rusman.

Kendati petahana dianggap lebih siap memenangkan pertarungan, hal itu tak lantas membuat figur lain ciut nyali. LM. Rajiun Tumada yang masih aktif sebagai Bupati Muna Barat, juga punya modal serupa. Menariknya, otorita Rajiun ialah wilayah pemekaran Muna yang secara kultur masyarakat masih diikat satu kekerabatan besar. Apalagi, hampir separuh aparatur Muna Barat merupakan penduduk Kab. Muna. Kondisi itu membuat Rajiun punya akses kuat terhadap kantong-kantong suara di Kab. Muna. “Saya sudah berkunjung di 138 titik. Survei terakhir bahkan sudah melampaui petahana yakni 43 persen. Saya yakin bisa menang di Muna,” terang Rajiun.

Di Buton Utara, sang petahana Bupati Butur, Abu Hasan memang masih unggul. Penantang terberatnya adalah Ridwan Zakariah, mantan Bupati Butur. Basis massa Ridwan diklaim masih cukup solid di setiap kecamatan. Jika Ridwan meraih dukungan parpol sesuai persyaratan maka pertarungan jilid III Ridwan Zakariah vs Abu Hasan bakal tersaji. Penantang Abu Hasan lainnya adalah Aswadi Adam. Ketua Gerakan Masyarakat Peduli Butur (Gembur) dan mantan Kepala BRI Taliabo tersebut gencar sosialisasi. Penantang berikutnya adalah Fahrul Muhammad. Mantan Kadis Dikbud Butur itu masih keluarga dekat Ridwan Zakariah. Selain itu, ada pula Muhammad. Mantan hakim di Purwakarta itu mendaftar di beberapa parpol.

Di Konawe Selatan (Konsel), petahana Surunuddin Dangga cukup berhasil membangun Konsel. Itu menjadi kekuatan dan modal politiknya meraih simpati calon pemilih. Saat ini, dia intens turun lapangan dalam program blusukan ke kecamatan hingga desa-desa. Selain punya basis masa riil, dari sisi finansial juga tidak diragukan. Latar belakangnya sebagai pengusaha memungkinkan untuk punya “amunisi” besar. Meski begitu, bukan berarti Surunuddin tak punya rival politik di kontestasi Pilkada.

Beberapa nama sudah bermunculan seperti Senawan Silondae, Nurman Tasya, Samsu, H.Bahasmi, Beangga, Muhlis dan Ahmad Baso. Namun rival yang paling mengemuka adalah Muh.Endang SA (Ketua Partai Demokrat Provinsi Sultra) dan Irham Kalenggo (Ketua DPRD Konsel dan Ketua Partai Golkar Konsel). Muh. Endang SA merupakan penantang Surunuddin Dangga pada Pilkada tahun 2015. Irham Kalenggo pun tak bisa dipandang remeh. Tiga periode menjadi ketua DPRD Konsel menjadi indikator kekuatan massanya.

Sementara Ketua DPD PAN Konut, Raup yang kini menjabat sebagai Wakil Bupati Konut mendampingi Ruksamin sudah mantap “bercerai” dengan Bupati Konut, Ruksamin. Di Pilkada 2020, kedua alumni HMI itu memilih jalan berbeda. Alasan Raup memilih tak bersama Ruksamin lagi cukup sederhana. Dia mengikuti perintah partai (PAN) yang memintanya tampil di Pilkada Konut menjadi calon bupati.

“Keputusan lisan berdasarkan kunjungan DPP PAN beberapa waktu lalu, diputuskan mengusung kader untuk maju sebagai calon bupati di Pilkada Konut,”tegas Raup, Ketua DPD PAN Konut. Kendati berbeda jalan, Raup mengaku dirinya dan Ruksamin masih harmonis. Namun Raup tak surut langkah. Basis massa dan keluarga di Kecamatan Langgikima dan Wiwirano sudah pasti akan berpihak kepadanya.

Petahana di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Amrullah diprediksi masih sangat kuat. Bupati Konkep itu lahir di Desa Mawa. Ikatan kekeluargaan di jazirah Kecamatan Wawonii Timur Laut berpihak kepadanya. Amrullah punya nama besar di Kecamatan Wawonii Barat, yang merupakan pusat ibu kota kabupaten. Kinerjanya sebagai bupati sangat memuaskan ketika menata ibu kota Konkep.

Selain Kecamatan Wawonii Barat, dan Wawonii Timur Laut, potensi dukungan sang petahana juga bisa datang dari Wawonii Utara dan Wawonii Tenggara. Namun Amrullah tak boleh terlena. Penantangnya, mantan Ketua DPRD, Musdar yang juga Ketua PAN Konkep serta Ir.Halim, mantan kepala Bappeda Konkep.

Di Kabupaten Wakatobi, sang petahana Bupati Arhawi ditantang bekas rivalnya di Pilkada 2015 lalu, yakni Haliana. Di Pilkada 2020 ini, Haliana menggandeng Ilmiati Daud (Wakil Bupati Wakatobi saat ini) sebagai pasangannya. “Sejauh ini komunikasi dengan ibu Ilmiati Daud sangat bagus. Kita berharap mendapat restu dari semua parpol yang sudah kita daftar selama ini,” ungkap Haliana.

Dia optimis diusung PDIP, meski ada kader lain, Ratna Hugua melamar PDIP dan disebut-sebut sebagai calon wakil bupati Arhawi. Haliana mengklaim basis massanya masih solid. Bersama Ilmiati Daud, Haliana intens konsolidasi di lapangan. Pilkada Koltim diprediksi terjadi rivalitas antara petahana Tony Herbiansyah dan penantangnya, Samsul Bahri Madjid(SBM), mantan Pj.Sekda Koltim. Dipilkada 2020, SBM dirumorkan bakal menggandeng Andi Merya Nur, Wakil Bupati Koltim saat ini. (ode/had/kam/min/san/thy/kus/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy