Kandidat Bupati Muna Belum Aman – Kendari Pos
Politik

Kandidat Bupati Muna Belum Aman

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Peta politik dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Muna tahun 2020, masih sangat dinamis. Para kandidat belum satu pun berada di posisi aman untuk melenggang ke tahapan pencalonan. Dari 10 partai politik pemegang kursi parlemen, belum satu pun menentukan dukungan. Peta koalisi diprediksi baru akan jelas terbaca mulai bulan Maret mendatang.

Tahapan Pilkada Muna akan semakin padat di pertengahan tahun ini. Sesuai jadwal resmi yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, pendaftaran bakal calon jalur Parpol akan dimulai 16 hingga 18 Juni. Penetapan calon dilakukan 8 Juli dan masa kampanye akan berlangsung 11 Juli hingga 19 September. Selanjutnya hari pemungutan suara diagendakan 23 September mendatang.

Partai politik sendiri baru menyelesaikan tahapan penjaringan terbuka. Ada enam bakal calon yang telah melalui tahapan tersebut. Mereka adalah LM. Rusman Emba, LM. Rajiun Tumada, LM. Baharuddin, Syarifuddin Udu, Abdul Asis dan Saharuddin Saga. Semua figur tersebut belum satupun resmi mengantongi rekomendasi dukungan untuk melenggang saat masa pendaftaran di KPU Muna. Berdasarkan peraturan KPU nomor 9 tahun 2016 hasil perubahan ketiga peraturan yang sama nomor 9 tahun 2015 tentang pencalonan kepala daerah menjelaskan syarat pencalonan (salah satunya), bakal calon bupati harus memenuhi minimal 20 persen dukungan atau enam kursi legislatif. Sementara perolehan tertinggi dimiliki Hanura dengan lima kursi.

Dengan 30 anggota DPRD Muna, maka Parpol wajib melalui mekanisme penggabungan dukungan untuk bisa mengusung calon. Koalisi tersebut menjadi salah satu pertimbangan partai untuk memilih tidak terburu-buru menyatakan dukungan. Ketua Penjaringan DPC Hanura Muna, La Irwan, menyebut, organisasinya masih menunggu perkembangan peta politik hingga Maret mendatang. Partai lebih dulu menurunkan lembaga survei di awal tahun untuk melihat elektabilitas tiga kandidat yakni LM. Rusman Emba, LM. Rajiun Tumada dan Syarifuddin Udu.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy