Kalau Ada Pelanggaran Pemilu, Laporkan! – Kendari Pos
Politik

Kalau Ada Pelanggaran Pemilu, Laporkan!

Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu (kedua dari kanan) didampingi komisioner lainnya saat melakukan koordinasi institusional dengan Kapolda Sultra, Brigjendpol. Merdisyam (tengah), beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Partisipasi masyarakat dalam melaporkan pelanggaran pemilihan umum (Pemilu) maupun pemilihan kepala daerah (Pilkada), masih rendah. Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Tenggara (Sultra), Hamiruddin Udu, mengatakan, pelapor pelanggaran Pemilu justru didominasi kalangan partai politik. Dalam hal ini pendukung atau partisipan calon. “Tingkat partisipasi publik untuk melapor memang masih sangat rendah. Bisa dilihat pada Pemilu 2019 dan Pilkada 2018, orang lebih tertarik untuk melapor karena mau menjatuhkan lawan politik,” ujar Hamiruddin, kemarin.

Ia menyebut, salah satu faktor yang menyebabkan minimnya partisipasi masyarakat yaitu karena masih kurang teredukasi sehingga tidak mengetahui apakah suatu kejadian termasuk pelanggaran atau bukan. Karenanya, edukasi masyarakat akan menjadi atensi Bawaslu di Pilkada 2020. Dijelaskannya, bentuk keterlibatan masyarakat dalam penegakan hukum Pemilu di Pilkada 2020, dapat dilakukan dengan dua cara yakni sebagai pelapor dan saksi.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy