Kado Tahun Baru dari Pemerintah : Tarif BPJS, Cukai dan Harga Rokok Naik – Kendari Pos
Nasional

Kado Tahun Baru dari Pemerintah : Tarif BPJS, Cukai dan Harga Rokok Naik

KENDARIPOS.CO.ID — Presiden Ri, Joko Widodo (Jokowi) menerapkan sejumlah kebijakan baru di awal tahun 2020. Beberapa di antaranya yakni kenaikan iuran BPJS dan tarif cukai rokok mulai 1 Januari 2020 serta pembatalan kenaikan tarif dasar listrik golongan 900 VA RTM. Kebijakan itu seperti menjadi kado tahun baru dari pemerintah pusat untuk rakyat Indonesia.

Dr. Syamsir Nur

Pengamat Ekonomi Sulawesi Tenggara (Sultra), Dr. Syamsir Nur mengatakan, kenaikan tarif BPJS secara langsung akan membebani masyarakat sebagai peserta. Kenaikan itu semestinya berbanding lurus dengan peningkatan pelayanan kesehatan. Terutama bagi masyarakat daerah di mana puskesmas menjadi fasilitas primer.

“Selama ini, pengguna layanan puskesmas di daerah masih besar. Sayangnya, puskesmas yang mestinya menjadi garda terdepan penyedia layanan, tidak memberikan pelayanan yang maksimal,” ujar Dr Syamsir kepada Kendari Pos, Minggu (5/1) kemarin.

Dari sisi ekonomi, lanjut dia, kenaikan iuran tersebut tidak perlu dikhawatirkan akan mengerek inflasi. Sebab, BPJS bukan komponen yang bisa mendorong kenaikan inflasi. Apalagi sebagian besar masih disubsidi oleh pemerintah melalui skema APBN maupun APBD.

Namun, kenaikan iuran BPJS bisa berdampak pada penambahan jumlah pelanggan nonaktif. Di satu sisi mereka mengeluarkan biaya dengan harapan mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik. Namun apa yang terjadi tidaklah demikian. “Kalau jumlah pelanggan non aktif bertambah, artinya ada pesimisme dari para peserta BPJS. Sehingga kenaikan ini berarti tidak efektif. Di Sultra, ketersediaan fasilitas dan tenaga medis yang memadai masih menjadi masalah,” terangnya.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy