Kades Diingatkan tak Terlibat di Pilkada 2020 – Kendari Pos
Politik

Kades Diingatkan tak Terlibat di Pilkada 2020

Ilustrasi

KENDARIPOS.COL.ID — Posisi kepala desa (kades) dinilai rawan untuk terlibat memenangkan calon tertentu pada pemilihan kepala daerah (Pilkada). Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Tenggara (Sultra), Munsir Salam, mengatakan, Kades rawan terlibat politik praktis. Termasuk pada tujuh daerah Sultra yang akan menggelar Pilkada 2020.

“Petahana potensial kembali ikut bertarung. Maka posisi Kades rawan dilibatkan dalam mendukung bakal calon (Balon) kepala daerah. Bawaslu mengingatkan agar Kades menghindari terlibat atau dilibatkan dalam dukung mendukung bakal calon kepala daerah,” ujar Munsir, kemarin. Jika terbukti, kata dia, Kades akan dikenakan sanksi pidana sesuai undang-undang (UU) Pilkada dan UU Desa.

Terpisah, Ketua Bawaslu Sultra, Hamiruddin Udu, menyebut, pihaknya akan mewaspadai penyelewengan jabatan oleh kepala daerah. Ada beberapa hal yang dilakukan untuk mencegah keterlibatan Kades pada helatan Pilkada. Misalnya, giat melakukan sosialisasi melalui media massa terkait larangan keterlibatan Kades dan perangkatnya. Bawaslu, kata dia, akan mengirimkan surat imbauan untuk mencegah keterlibatan Kades serta aparaturnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy