Hasil Panen di Kolut Merosot Akibat Aktivitas Tambang – Kendari Pos
Kolaka Utara

Hasil Panen di Kolut Merosot Akibat Aktivitas Tambang

KENDARIPOS.CO.ID — Kehadiran perusahaan tambang di Kecamatan Batu Putih, Kolaka Utara (Kolut) menjadi salah satu penyebab pendapatan petani dan nelayan merosot. Air sungai yang mengaliri ke saluran pengairan lahan pertanian maupun tambak kini keruh dan berwana kemerah-merahan. Pemerintah Kabupaten (Pemkan) Kolut pun tak bisa berbuat apa-apa. Pasalnya, kewenangannya sudah menjadi domain pemerintah provinsi (Pemprov).

Kadis Perkebunan dan Peternakan Kolut, Ismail Mustafa mengatakan dampak pengolahan tambang cukup mempengaruhi hasil panen. Dalam beberapa pertemuan, petani telah mengeluhkan hal ini. Upaya lembaganya berkoordinasi dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kolut pun belum menyelesaikan masalah. Sebab BLH juga tidak memiliki kewenangan lantaran telah dialihkan.

Sungai di Desa Latowo Kecamatan Batu Putih, Kolut keruh dan berwarna kemerah-merahan. Aliran sungai ini menjadi pemasuk saluran irigasi persawahan, ladang dan tambak warga

Jika persoalan ini dibiarkan, semangat petani akan luntur. Mereka bisa saja menjual sawah, ladang serta tambaknya dan memulai usaha lain. Padahal Kecamatan Batu Putih menjadi salah satu wilayah pengembangan sentra perkebunan kakao setelah Kecamatan Pakue.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy